Home Ekbis Jasa Konstruksi Wajib Miliki BPJS Ketenagakerjaan

Jasa Konstruksi Wajib Miliki BPJS Ketenagakerjaan

100
0
Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Solo, Suwilwan Rachmat.
       SOLO, 17/4 (BeritaJateng.net) –  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Solo gelar sosialisasi bersama Pemkot Solo memberi sosialisasi tentang optimalisasi perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi Sektor Jasa konstruksi & Tenaga Kerja Dengan Perjanjian Kerja (TKPK) OPD se Kota Solo, Selasa (17/4/2018) di Royal Surakarta Heritage Hotel.
       Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Solo, Suwilwan Rachmat sampaikan bahwa TKPK dan pekerja jasa konstruksi juga harus terlindungi program BPJS Ketenagakerjaan.
        “Program yang melindungi sektor jasa konstruksi adalah Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Meski begitu manfaat perlindungannya sama dengan sektor Penerima Upah (PU) dan Bukan Penerima Upah (BPU),” jelas Suwilman Rachmat.
       Nantinya untuk jumlah iuran yang harus dibayarkan untuk pekerja jasa konstruksi disesuaikan dengan nilai kontrak yang tercantum dalam Surat Perintah Kerja (SPK) tanpa melihat jumlah pekerja dan masa perlindungannya pun sesuai jangka waktu yang tercantum dalam SPK.
       “Jika waktu kontraknya tiga bulan,  kita akan cover selama tiga bulan untuk siapun yang bekerja di situ,” lanjutnya.
        Bahkan Suwilman juga menghimbau pada pengusaha jasa konntruksi agar segera mendaftarkan para pekerjanya sebelum proyek berjalan. Agar bisa melindungi para bekerja dan mereka bisa merasakan manfaat yang optimal.
        “Ada baiknya pendaftaran dilakukandiawal proyek belum berjalan. Baik itu proyek yang didapat dari pemerintah maupun proyek dari swasta,” pesannya.
       BPJS sendiri merespon positif dan beterima kasih pada pemerintah kota Solo, khususnya Walikota Solo, FX Hadi Ruyatmo yang telah memberikan surat edaran kepada seluruh OPD Kota Solo terkait mewajibkan pelaksana proyek mendaftarkan pekerjanya dalam program BPJS Ketenagakerjaan Sektor Jasa Konstruksi.
        Selain itu dalam kesempatan yang sama, secata simbolis BPJS menyerahkan sertifikat kepesertaan dan Kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada TKPK dari Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian di Solo. (db/El)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here