Home News Update Jaringan Lancar Permudah Proses PPD Online

Jaringan Lancar Permudah Proses PPD Online

577
0

IMG_20150623_113844

Semarang, 23/06 (BeritaJateng.net) – Pendaftaran Peserta Didik (PPD) online memiliki manfaat untuk meningkatkan transparansi data pendaftaran murid baru. Data-data siswa dapat di pantau secara langsung oleh masyarakat, hal ini mempermudah pihak sekolah karena kuota lebih teratur dan merata.

Hal ini juga dirasakan salah satu sekolah dasar di Semarang. Kepala Sekolah SD Negeri Palebon 01, Sri Harnani mengatakan, tidak ada sekolah yang padat jumlah siswanya ataupun kekurangan dengan adanya PPD online.

“Kita lebih dibantu pada proses penyeleksian. Seleksi yang ditentukan mulai dari umur dan tempat tinggal siswa, teknologi membuat cepat. Bila dilakukan manual tentu prosesnya lebih lama,” ungkapnya.

Menurutnya, secara otomatis bila memasukkan NIK akan muncul data siswa dengan sendirinya. Ada perhitungannya, dalam rayon dan luar rayon. Apalagi pihaknya hanya menerima hasil pengumuman untuk dipaparkan kepada orang tua siswa. Semua bisa mengakses dan lebih mudah.

Berkaitan dengan teknis pendaftaran untuk jenjang Sekolah Dasar di Semarang, salah satunya SD Negeri Palebon 01 menurut Admin Pendaftaran Peserta Didik (PPD) Joko Heri Susanto menjelaskan, pendaftaran di SD sudah dua tahun ini menggunakan sistem online secara serentak.

“Sebenarnya sudah tiga tahun, hanya saja pada tahun pertama masih diujicobakan untuk beberapa sekolah. Untuk sekolah kami sudah online selama dua tahun ini. Online SD berbeda dengan SMP, bila di SMP dan SMA online bisa dilakukan di warnet dan di rumah. Sedangkan online SD masih dibantu oleh pihak sekolah dalam memasukkan datanya,” ungkap Joko yang keseharian berprofesi sebagai Guru di SD Negeri Palebon 01.

Menurut Joko, setiap kali pelaksanaan PPD, kendala utama ada pada jaringannya, karena PPD bekerjasama dengan dinustek (Universitas Dian Nuswantoro). Mungkin servernya terbatas sehingga di beberapa tempat ada sinyal yang kurang kuat.

“Kebetulan kalau di SD Negeri Palebon 01 sinyalnya cukup kuat sehingga tidak ada kendala pada pelaksanaan PPD online,” katanya.

Beberapa keluhan dari masyarakat juga terlihat di media sosial, lanjut Joko, memang ada beberapa sekolah mengeluhkan data satu siswa memasukkannya sampai 2 jam.

PPD untuk tingkat SD sudah dimulai sejak hari Sabtu (20/6) dan Senin (22/6) yang mendaftar juga cukup banyak. Daya tampung untuk SD Negeri Palebon 01 sebanyak 80 siswa dibuka dengan dua kelas.

“Kami memakai jaringan kabel dengan tiga operator, sehingga lebih cepat dalam penanganan pendaftaran PPD. Bila menggunakan modem, jaringannya kurang bagus dan kurang cepat,” ujarnya.

Dian Lestari yang mendaftarkan adiknya dari SD Negeri Kalicari 01 ke SMP Negeri 15 Semarang juga mengatakan lancar-lancar saja dalam pendaftaran online. “Daftar jam 9 malam di rumah. Ini sudah verifikasi berkas, tinggal menunggu seleksi tanggal 30 Juni 2015 dan daftar ulang,” katanya.

Begitu pula di SMP Negeri 14 Semarang, pihak sekolah menyediakan fasilitas online gratis bagi orang tua murid. Arina, orang tua murid mengatakan kendala pendaftaran online bila melalui ponsel tidak bisa dibuka. Oleh karena itu Dia menggunakan fasilitas online gratis di SMP Negeri 14, lebih jelas dan yakin dibantu oleh petugas. (Mg-1)