Home Lintas Jateng Jalur KA Sawunggalih Terganggu Akibat Kecelakaan Truk

Jalur KA Sawunggalih Terganggu Akibat Kecelakaan Truk

ilustrasi

Purwokerto, 23/11 (BeritaJateng.Net) – Perjalanan Kereta Api Sawunggalih Pagi jurusan Kutoarjo-Pasarsenen dilaporkan sempat terganggu akibat kecelakaan truk tanpa muatan yang terperosok ke jalur rel di Km 298+6/7 antara Stasiun Linggapura dan Stasiun Prupuk, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

“Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 09.30 WIB di Dukuh Gardu RT 03 RW 04, Desa Kutamendala, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes,” kata Manajer Komunikasi Perusahaan PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto Surono, di Purwokerto, Minggu (23/11) sore.

Menurut dia, truk berpelat nomor G-1867-BG yang dikemudikan Kasum dari arah Tegal tersebut terperosok ke jalur rel karena menghindari tabrakan dengan pengendara sepeda motor yang datang dari arah berlawanan saat hendak menyalip kendaraan lain.

Oleh karena itu, kata dia, Kasum segera membelokkan kendaraannya ke arah kanan hingga akhirnya terperosok ke jalur rel.

Ia mengatakan bahwa kejadian tersebut sempat menghalangi salah satu jalur rel dari dua jalur ganda di lokasi kejadian.

“Padahal, saat itu akan melintas KA Kutojaya Utara jurusan Pasarsenen-Kutoarjo dari arah barat dan KA Sawunggalih Pagi jurusan Kutoarjo-Pasarsenen dari arah timur,” katanya.

Kendati demikian, dia mengatakan bahwa kejadian tersebut tidak sampai menimbulkan kecelakaan terhadap perjalanan KA berkat kesigapan petugas pemelihara jalur rel dari PT KAI yang segera melaporkan peristiwa itu ke Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) stasiun terdekat.

Dalam hal ini, kata dia, petugas PPKA segera menghentikan KA Sawunggalih Pagi di Stasiun Linggapura yang semestinya berjalan langsung dan melewati jalur yang terhalang truk, sehingga kecelakaan dapat dihindarkan.

“Jalur rel yang terhalang truk tersebut adalah jalur kanan yang biasa dilewati KA dari arah Purwokerto ke Jakarta, sedangkan jalur kiri yang biasa digunakan KA dari arah Jakarta menuju Purwokerto tidak sampai terhalang,” jelasnya.

Menurut dia, KA Sawunggalih Pagi jurusan Pasarsenen sempat tertahan di Stasiun Linggapura selama 11 menit.

Selanjutnya, kata dia, KA Sawunggalih Pagi diberangkatkan dari Stasiun Linggapura lewat jalur kiri sampai Stasiun Prupuk, setelah KA Kutojaya Utara dari Pasarsenen melewati jalur tersebut.

Ia mengatakan bahwa regu petugas pemeliharaan jalur rel dibantu masyarakat bergerak cepat melakukan evakuasi untuk mengangkat truk tersebut agar tidak menghalangi jalur KA.

“Proses evakuasi untuk membebaskan jalur KA tersebut dapat diselesaikan dalam waktu 30 menit, sehingga jalur dinyatakan bebas dan dapat dilewati KA lagi mulai pukul 10.05 WIB,” katanya.

Dia mengatakan bahwa PT KAI Daop 5 Purwokerto akan mengajukan ganti rugi kepada pemilik truk karena kejadian tersebut mengakibatkan gangguan dan kelambatan terhadap perjalanan kereta api “Kami masih menghitung berapa nilai kerugian akibat kejadian tersebut,” kata Surono.(ant/pri)