Home Headline Jalan Wonodri Raya Bakal Dibuat Dua Jalur

Jalan Wonodri Raya Bakal Dibuat Dua Jalur

1191

SEMARANG, 7/2 (BeritaJateng.net) – Jalan Wonodri Raya rencananya akan dibuat dua jalur. Sebelumnya, jalan tersebut berfungsi satu jalur untuk dua arah, yakni arah menuju Jalan MT Haryono dari belakang Rumah Sakit Roemani maupun sebaliknya. Sementara, sebagian jalan digunakan alas dasaran oleh pedagang pancakan di sekitar Pasar Wonodri.

Setelah seluruh pedagang pancakan direlokasi ke Pasar Wonodri maka jalan tersebut menjadi lebih longgar. Rencana pelebaran jalan pun dapat dilaksanakan. Pelebaran akan diawali dengan pembangunan saluran drainase yang berada di kedua sisi pinggir jalan.

”Fungsi jalan dikembalikan dua arah untuk kemudahan akses warga sekitar maupun pengguna jalan di Wonodri Raya. Selanjutnya, jika ada keinginan untuk dibuat taman pada median jalan maka akan dikonsultasikan dengan Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang,” kata Staf UPTD Wilayah II pada Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, Tony Budianto, baru-baru ini.

Pembangunan drainase dan median jalan, ujar dia, akan menggunakan dana swakelola dari instansinya. Pembenahan saluran diperlukan karena jalan tersebut sebelumnya selalu tergenang air saat turun hujan.

Hanya saja, dia belum bisa menyebut besaran anggaran yang akan dikucurkan. Menurut Tony, UPTD Wilayah II membawahi empat kecamatan yakni Kecamatan Selatan, Kecamatan Tengah, Kecamatan Utara, dan Kecamatan Gajahmungkur.

”Besaran anggarannya belum tahu karena pembangunan masih akan dikalkulasikan dulu. Tahap awal, kami akan membersihkan sisa-sisa bangunan yang masih ditinggalkan pedagang pancakan. Saluran drainase dibuat untuk sebelah kanan dan kiri dari Jalan Wonodri Raya. Kalau jalan hanya diaspal saja tanpa ada pembenahan saluran, ditakutkan jalan mudah rusak karena tergenang air,” tambah dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto, menyatakan, pembuatan dua arah di Jalan Wonodri Raya atas seizin Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi. Pengaspalan jalan akan segera dimulai dalam waktu dekat ini.

”Kami berharap dengan penerapan dua arah di jalan ini akan membuat warga sekitar menjadi lebih nyaman. Selain itu, kami juga akan merapikan dan menata lahan parkir bagi pengunjung maupun pedagang di Pasar Wonodri,” papar dia. (El)