Home Lintas Jateng Jalan Menuju Makam Mantan Presiden Soeharto Longsor

Jalan Menuju Makam Mantan Presiden Soeharto Longsor

332

Karanganyar, 23/12 (Beritajateng.net) – Jalan menuju ke makam mantan Presiden Soeharto di Astana Giribangun, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah ditutup sementara karena tertutup tanah longsor.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar Aji Pratama Heru, Selasa, membenarkan bahwa akibat hujan deras yang terjadi Senin (22/12) malam mengakibat tebing di dekat kompleks makam penguasa Orde Baru Soeharto longsor.

Ia mengatakan pada Selasa pagi akses dari Kecamatan Matesih menuju Astana Giribangun serta Girilayu terputus. Beruntung peristiwa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

“Sejak tadi malam pukul 21.00 WIB kita tutup, karena tanah di bukit masih bergerak. Saat ini kami sedang bekerja bakti dengan warga untuk membuka akses jalan tersebut,” katanya.

Ia mengatakan longsor yang terjadi tepatnya berada di lokasi Parkir B, Astana Giribangun, Desa Karangbangun Matesih. Sejumlah material hingga pagi ini masih memenuhi badan jalan. Di antaranya adalah pepohonan, batu, patahan dahan dan akar bambu.

“Pagi ini kita bergotong royong dengan warga setempat untuk membersihkan reruntuhan tanah, batu dan bambu dengan cara ditarik mobil dengan tali dan kita buang. Ini kita hanya pakai peralatan manual,” katanya.

Ia mengatakan, cuaca cerah di lokasi pada pagi ini, akan dimanfaatkan semaksimal mungkin agar pembersihan badan jalan dari tanah, dan batu dan pepohonan selesai.

Ia berharap jalur utama ke makam Soeharto bisa dibuka kembali. “Semoga hari ini akses jalur utama bisa dibuka kembali,” katanya.(ant/ss)