Home Hukum dan Kriminal Jaksa Dakwa Anak Terlibat Narkoba dengan Pasal Berlapis

Jaksa Dakwa Anak Terlibat Narkoba dengan Pasal Berlapis

Solo, 30/12 (Beritajateng.net) – Jaksa penuntut umum mendakwa Ma (17) warga Gandean Jebres Solo yang menjadi kurir narkoba jenis sabu-sabu seberat 325 gram dengan pasal berlapis pada sidang tertutup di Pengadilan Negeri Surakarta, Selasa.

Sidang anak di bawah umur yang dipimpin oleh Majelis Hakim Kabul Irianto dengan jaksa penuntut umum (JPU) Varida T. Dalam sidang ini terdakwa didampingi penasihat hukumnya, Suparno, serta disaksikan petugas dari Balai Pemasyarakatan (Bapas) Surakarta.

Jaksa penuntut umum Varida T. menjelaskan bahwa terdakwa masih di bawah umur sehingga sidang dilakukan tertutup. Dalam sidang ini, majelis hakim, jaksa, dan penasihat hukum tidak mengenakan toga atau baju persidangan.

Menurut Varida T., terdakwa Ma telah ditangkap oleh polisi di Kampung Pungkrukrejo, Jagalan, Jebres, Solo, Rabu (10/12) sekitar pukul 06.30 WIB, karena terbukti membawa dan menyimpan narkoba jenis sabu-sabu sebanyak 325 gram.

Pihaknya mendakwa terhadap terdakwa Ma dengan pasal berlapis, yakni Pasal 112 Ayat (2) dan Pasal 114 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara dan denda paling banyak Rp8 milliar.

Varida T. mengatakan bahwa hal-hal yang memberatkan terdakwa karena telah terbukti dengan jelas memiliki dan membawa narkotika. Hal yang meringankan, dia masih di bawah umur dan masih panjang waktu untuk bisa memperbaiki perbuatannya.

Menurut Varida, karena terdakwa masih anak-anak sehingga sidang dipercepat dengan menghadirkan saksi. Ada empat saksi yang dihadirkan jaksa, yakni dua orang anggota Polri, dan dua lainnya anggota Linmas yang melihat saat penagkapan.

Varida menjelaskan majelis hakim akan melanjutkan sidang kasus narkoba tersebut di PN Surakarta, Selasa (6/1), dengan agenda membacakan surat tuntutan oleh JPU.

“Sidang selanjutnya surat tuntutan dari jaksa,” kata Varida usai sidang.

Sementara itu, penasihat hukum terdakwa Ma, Suparno, menjelaskan bahwa pihaknya menerima surat dakwaan jaksa penuntut umum.

“Kami tidak melakukan eksepsi karena terdakwa terbukti jelas membawa dan menyimpan narkoba,” kata Suparno.

Kendati demikian, pihaknya tetap akan melakukan upaya-upaya pembelaan dengan menyampaikan permohonan keringanan hukuman karena terdakwa masih di bawah umur.(ant/Bj02)

Advertisements