Home Headline Jaksa Belum Siap, Sidang Tuntutan Dalang Joko Edan Ditunda

Jaksa Belum Siap, Sidang Tuntutan Dalang Joko Edan Ditunda

65
0
Dalang Joko Edan

SEMARANG, 5/1 (BeritaJateng.net) – Terdakwa Djoko Hadi Widjodjo alias dalang Ki Joko Edan terpaksa harus menunggu tuntutannya dalam perkara narkotika di Pengadilan Negeri Semarang hingga pekan depan. Sebab, agenda sidang dengan agenda tuntutan tertunda karena jaksa dari Kejati Jateng Omar Dani belum siap. Panitera pengganti PN Semarang Ladju mengatakan, sidang kasus penyalahgunaan narkotika dengan terdakwa Djoko ditunda pekan depan.

“Jaksa belum siap, tuntutannya ditunda,” jelasnya di PN, Kamis (5/1).

Dalam perkara ini, jaksa Omar mendakwa Djoko melakukan perbuatan sebagaimana pasal 112 ayat 1 Undang-Undang (UU) Nomor 35/ 2009 tentang Narkotika. Dalang itu juga dijerat dakwaan sekunder, yakni pasal 127 UU Narkotika atas penyalahgunaan sabu.

Djoko ditangkap anggota Direktorat Reserse Narkotika Polda Jateng di rumahnya, Jl Karanganyar, Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik, Selasa (29/9/2016) sekira pukul 23.00 WIB.

Saat digeledah, polisi menemukan barang bukti sabu 0,4 gram, alat hisap bong, ponsel milik terdakwa. Sidang yang diketuai hakim Pudjo Unggul ini telah menyelesaikan pemeriksaan saksi, maupun terdakwa.

Djoko ini mengaku mengkonsumsi sabu sebelum pentas wayang di Taman Mini Indonesia Indah. Sabu itu dipakainya sendiri dengan maksud menambah stamina saat pentas ndalang. Sabu itu dipesannya dari seorang dengan nama Rustam, sebanyak 0,5 gram pada September 2016.

Guna menyamarkan adanya transaksi narkoba, data nama Rustam, seorang yang dipesani sabu, diganti dengan Kacamata. (WR)