Home Headline Jajaran Polda Jateng di Siagakan Personil Bantu Penanggulangan Pandemi Virus Corona

Jajaran Polda Jateng di Siagakan Personil Bantu Penanggulangan Pandemi Virus Corona

476
Jajaran Polda Jateng di Siagakan Personil Bantu Penanggulangan Pandemi Virus Corona

Semarang, 19/3 (BeritaJateng.net) – Pasukan Brimob Polda Jateng akan dikerahkan untuk membantu penangulangan pandemi virus corona atau Covid-19. Mereka akan menyemprotkan disinfektan ke tempat-tempat keramaian seperti fasilitas umum dan sekolah.

“Memberikan penyemprotan disinfektan di tempat keramaian di antaranya terminal, pasar, gedung bioskop, maupun tempat keramaian lainnya, termasuk tempat ibadah,” ungkap Karoops Polda Jateng Kombes Pol Rachmat Widodo, di Mako Brimob Polda Jateng di Srondol.

Untuk memberikan penyemprotan itu, personel Brimob beserta ratusan Polisi di jajaran Polda Jateng menggelar latihan simulasi mengantisipasi pencegahan virus corona, di Mako Brimob Polda Jateng Kota Semarang.

Mereka dilatih bagaimana cara menggunakan APD, meracik cairan disinfektan dan menyemprot pasien secara benar.

“Jumlah peserta 132 personel, belum termasuk panitia. Terdiri dari masing-masing Polres 3 orang ditambah Polda. Anggota-anggota yang terlatih ini nantinya juga akan memberikan pelatihan di wilayah masing-masing,” ujarnya.

Beberapa peralatan yang digunakan, diantaranya tenda dekontaminasi korban, tenda dekontaminasi personil, apd personil level-c, atau alat pelindung diri, masker dan filter udara, alkohol untuk menyemprot korban dan personil, sepatu dekontaminasi, sani jet water dan tensi meter.

“Materi terpenting adalah mengamankan sebelum menyemprot tempat umum, kita harus mengamankan diri sendiri dulu jangan sampai kita terkena penyakit,” tegas Rachmat Widodo.

Untuk menangani penyebaran virus corona, Para Personil Polri nantinya dalam pelaksanaannya akan bersinergi dengan BPBD dan Dinas Kesehatan dimasing masing wilayah. Mereka melakukan penyemprotan di sekolah maupun fasilitas umum lainnya. (Nh/El)