Home Headline Jadi Buah Bibir, Kekayaan Calon Wakil Bupati Hanya Rp. 41 Juta

Jadi Buah Bibir, Kekayaan Calon Wakil Bupati Hanya Rp. 41 Juta

169
Jadi Buah Bibir, Kekayaan Calon Wakil Bupati Hanya Rp. 41 Juta

BLORA, 14/10 (BeritaJateng.net) – Lagi ramai menjadi buah bibir masyarakat Blora, kekayaan salah satu calon wakil Bupati Blora Try Yuli Setyowati yang diumumkan secara resmi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora hanya 41 juta Rupiah.

Pantauan beritajateng.net dilapangan setelah menemui secara langsung calon wakil Bupati Blora Try Yuli Setyowati Selasa(13/10) siang, dirumah kediamanya di Cepu membenarkan seperti itu.

“Memang benar, itu adalah harta kekayaan saya yang saya laporkan di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) waktu saya masih menjadi anggota DPRD tahun 2019 lalu,” ucap Try Yuli Setyowati (Selasa 13/10/2020).

Setelah keluar dari anggota DPRD, lanjutnya, mendaftarkan diri menjadi calon wakil Bupati berpasangan dengan Arief Rohman (ARTYS), masih muncul di LHKPN seperti itu.

“Saya kaget juga kok tertulisnya hanya 41 juta rupiah, setelah saya kroscek di bendahara PDIP, untuk memperbaharuinya tidak bisa, karena di websitenya KPK sudah terkunci,” paparnya.

Menurutnya, ia sudah berusaha memperbarui dengan konsultasi ke KPU Blora. Namun sistemnya tidak bisa, jika ingin memperbaharui di April 2021.

“Jadi 41 juta itu setelah harta saya, dikurangi hutang saya 1,4 milyard waktu saya masih menjadi anggota DPRD Blora,” imbuhnya.

Ketika ditanya berapa harta kekayaanya sekarang, ia menjawab hartanya sebagai penyelenggara negara adalah 1, 7 milyar lebih belum termasuk harta suaminya. Karena menurutnya suaminya swasta, jadi yang dilaporkan sekarang adalah hartanya sebagai penyelenggara negara.

Sebelunya KPU Kabupaten Blora telah mengumumkan harta kekayaan Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Blora untuk Pilkada 2020.

Pasangan Calon nomor urut 3, Umi Kulsum – Agus Sugiyanto menjadi pasangan dengan jumlah kekayaan terbanyak.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) yang diserahkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Umi Kulsum memiliki harta sebesar Rp 13.502.124.281 sedangkan Wakilnya Agus Sugiyanto memiliki harta sebesar Rp 15.472.598.818.

Sementara, Pasangan nomor urut 1, Dwi Astutingsih memiliki harta kekayaan sebesar Rp 3. 061.197.635 sedangkan wakilnya Riza Yudha Prasetya memiliki harta kekayaan sebesar Rp 4.134.118.038.

Serta pasangan Nomor urut 2, Arif Rohman – Tri Yuli Setyowati menjadi pasangan dengan harta kekayaan paling sedikit. Arif Rohman memiliki harta Rp 2.844.818.000 sedangkan wakilnya hanya berharta Rp 41.482.700.

Kecilnya harta Tri Yuli Setyowati menjadi perbincangan di kalangan media.
Dikonfirmasi, ketua KPU Blora M Khamdun mengaku tidak memiliki kewenangan untuk mengomentari harta kekayaan Paslon. KPU menurutnya hanya memiliki kewajiban mengumumkan sesuai anjuran dari KPK.

“Jadi begini ya, kalau KPU kan gak punya kewenangan untuk melakukan audit ya. Klarifikasi pun kita tidak bisa. Jadi laporan harta kekayaan itu yang diterima KPK dan kami menerima mandat untuk mengumumkannya. Dan sudah kami umumkan di website KPU,” kata Khamdun. (Her/El)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × three =