Home News Update Ita Ingin Wajibkan Supermarket Jual Hasil UMKM dan Pertanian Asli Semarang 

Ita Ingin Wajibkan Supermarket Jual Hasil UMKM dan Pertanian Asli Semarang 

Ita mencoba memerah susu kambing di peternakan kambing Kuncen Farm
Ita mencoba memerah susu kambing di peternakan kambing Kuncen Farm

Semarang, 1/10 (BeritaJateng.net) – Calon wakil wali kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mendorong perkembangan UMKM dan sektor pertanian dan peternakan dengan mewajibkan pusat-pusat perbelanjaan modern agar menjual hasil pertanian dan UMKM asli kota Semarang jika nantinya terpilih menjadi wakil kepala daerah.

Hal ini disampaikan Ita–sapaan akrab Hevearita usai mengunjungi peternakan kambing Kuncen Farm di desa Kuncen RT. 02 RW. 03 Bubakan Mijen, Semarang, Kamis (1/10).

“Saya ingin produk gapoktan, UMKM dan produk-produk asli kota Semarang bisa masuk dan dipasarkan di supermarket atau pusat perbelanjaan. Karena kearifan lokal harus di tonjolkan, dan itu juga sekaligus jadi upaya pengembangan produk warga Semarang,” ujar calon wakil wali kota Semarang nomor urut 2 ini.

P_20151001_114009

Ita yang juga Insinyur Pertanian UPN Yogyakarta mengatakan, sebagai kota metropolis, Semarang memiliki potensi yang luar biasa di bidang pertanian, peternakan dan kelautan, hanya saja kurang campur tangan pemerintah selaku pengampu kebijakan.

Kebijakan mewajibkan adanya produk UMKM dan pertanian di Supermarket atau pusat perbelanjaan akan menjadi angin segar bagi pelaku UMKM dan masyarakat kota Semarang. Seperti salah satunya peternakan kambing Kuncen Farm yang menghasilkan produk susu kambing murni dan olahan yogurt berbagai varian rasa.

“Hasil produksi susu kambing dan yogurt Kuncen Farm tidak kalah dengan produksi perusahaan-perusahaan susu ternama. Hanya saja perlu pembinaan lebih dari pemerintah terkait pemasaran dan packaging,” ujar perempuan yang memiliki ciri khas kemeja putih dan kerudung merah ini.

Selama ini, lanjutnya, dipusat perbelanjaan banyak produk daerah lain, bahkan tidak sedikit pula hasil impor. “Intinya kita akan dorong pelaku UMKM dan petani dengan kebijakan-kebijakan yang pro masyarakat,” kata Ita sembari mencicipi yogurt Kuncen Farm “Kufa”.

Bukan hanya sosialisasi, dalam kesempatan tersebut Ita juga melihat kondisi kandang kambing peternakan Kuncen Farm yang memperoleh juara pertama peternakan Kambing terbaik se Jawa Tengah ini.

Tak hanya itu, Ita juga ikut memerah susu kambing dan melihat proses produksi pembuatan yogurt Kufa hingga proses packaging. “Dilihat dari kemasanya bagus, sudah layak kalau di jual di Supermarket. Sayangnya belum ada izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanannya,” imbuh Ita.

Hal ini yang menggerakkan hati Ita untuk menyerap aduan dan permasalahan warga dan berupaya merealisasikan harapan-harapan petani dan peternak jika nantinya terpilih menjadi wakil wali kota Semarang periode 2016-2021. (Bj05)

1 COMMENT

  1. Ide yg perlu diimplementasikan, pembinaan konstruktif dimulai dr teknik pengolahan hasil yg higienis n kemasan yg menarik. Instansi terkait wajib ikut serta mengadakan pembinaan agar gagasan ini terwujud dan berkembang seiring perkembangan teknologi serta pasar.

Comments are closed.