Home News Update Ita : Dongkrak Kunjungan Wisata Semarang Dengan Revitalisasi

Ita : Dongkrak Kunjungan Wisata Semarang Dengan Revitalisasi

Calon wakil wali kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu (Ita).
Calon wakil wali kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu (Ita).
Calon wakil wali kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu (Ita).

Semarang, 27/8 (BeritaJateng.net) – Calon wakil wali kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu yang akrab disapa Ita menilai perlunya langkah revitalisasi untuk mendongkrak kunjungan wisata di Semarang.

“Sebenarnya, Kota Semarang ini memiliki banyak objek wisata yang potensial. Namun, sayangnya kurang dikelola secara maksimal,” katanya saat mengunjungi Rumah Pintar Lavender Semarang, Rabu.

Rumah Pintar Lavender merupakan pos pemberdayaan perempuan warga RW 11 Blok AM Perumahan Bukit Kencana Jaya, Kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang yang membawahi delapan rukun tetangga.

Ita berpasangan dengan calon wali kota Hendrar Prihadi (Hendi) dengan slogan Hebat (Hendi-Ita Bersama Rakyat) diusung oleh PDI Perjuangan, Partai Nasional Demokrat, dan Partai Demokrat.

“Makanya, saya melihat perlunya revitalisasi. Apa dibutuhkan suatu objek wisata? Lahan parkir, toilet, dan suvenir. Tiga itu setidaknya yang harus dipenuhi untuk memaksimalkan pariwisata,” katanya.

Ia mencontohkan Gereja Blenduk sebagai objek wisata yang berada di kawasan Kota Lama Semarang, namun parkirnya kurang tertata baik dan bercampur dengan para pedagang kaki lima (PKL),” katanya.

Semestinya, kata dia, parkirnya bisa ditata secara baik dengan ditempatkan di bagian belakang, sementara PKL yang ada di sekitar Gereja Blenduk bukan kemudian diusir, melainkan ditata dan dirapikan.

“Yang tidak kalah penting itu suvenir. Sekarang, apa suvenir khas ketika orang berkunjung ke Semarang? Makanya, harus dibuatkan suvernir khas, bisa gantungan kunci, stiker, dan sebagainya,” katanya.

Suvenir-suvenir itu, kata dia, harus didesain bagus yang mencerminkan ikon-ikon khas Semarang, seperti Gereja Blenduk, Waduk Jatibarang, Goa Kreo, Lawang Sewu, dan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT).

Jadi, kata dia, wisatawan yang mengunjungi berbagai objek-objek wisata itu akan memiliki kesan tersendiri ketika sudah meninggalkan Semarang dan merasa ingin untuk berkunjung lagi di lain waktu.

“Sekarang, misalnya Bandung. Orang banyak yang ingin kesana, dan ketika sudah pernah ke Bandung pasti ingin ke sana lagi. Semarang juga harus seperti itu. Buat orang kangen dengan Semarang,” katanya.

Makanya, Ita mengatakan pengoptimalan potensi pariwisata di Kota Semarang menjadi salah satu program prioritasnya jika terpilih mendampingi Hendi pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang 2015. (Bj)