Home Hiburan Intip Yuk Kisah Dibalik Suksesnya Walt Disney

Intip Yuk Kisah Dibalik Suksesnya Walt Disney

disney_107

DISNEYLAND,  (BeritaJateng.net) – Tempat hiburan yang paling terkenal di dunia. Pasti anda pernah mendengarnya atau bahkan pernah berkunjung kesana. Pemilik DISNEYLAND ini ternyata bernama WALT DISNEY.

Walt dulunya berasal dari keluarga yang kaya, namun karena saat itu sedang krisis berkepanjangan di Amerika membuat Walt harus menghabiskan masa kecilnya dengan hidup hemat.

Seperti anak-anak kebanyakan, Walt juga ingin bermain di taman hiburan namun Walt tidak memiliki sepeserpun uang. Jadi dia hanya menikmati taman hiburan dari luar pagar.

Impian Walt sangatlah besar dan dia selalu memikirkan bagaimana cara agar impiannya menjadi kenyataan. Walt mahir dalam menggambar, dia selalu menghabiskan waktunya dengan menggambar dikebun apel milik ayahnya. Walt bersama ayahnya pernah menjadi loper koran, jadi dia harus bangun pagi-pagi jam 03.30 dan menjadi pencuci kereta mayat juga untuk menambah uang jajannya. Tapi dia mengerjakan dengan segala keceriaan meskipun dia harus bekerja keras.

Setelah lulus sekolah menengah pertama, Walt Disney bekerja sebagai penjual minuman di kereta, karena ceroboh dia kehilangan pekerjaannya. Walt pernah bergabung dalam kemiliteran walaupun tidak sampai ikut perperangan dan akhirnya Walt mencoba memasukkan karyanya ke majalah namun ditolak. Banyak tawaran kerja yang diberikan kepada Walt namun Walt tetap ingin mengejar impiannya menjadi ilustrator. Ilustrator waktu itu termasuk pekerjaan yang susah dan sangat jarang.

Akhirnya Walt bekerja di biro iklan, dia bertemu dengan Ub Iwerks dan keduanya dipecat karena perusahaan sepi. Mereka akhirnya mendirikan biro iklan sendiri, dan dari sanalah Walt mencoba karir barunya yaitu sebagai animator film kartun sederhana.

Walt Disney
Walt Disney

Dengan modal U.S $500, Walt mendirikan perusahaan kartun pribadi. Seperti orang sukses kebanyakan Walt lagi-lagi gagal karena tidak ada perusahaan yang menggunakan jasanya. Dia kehabisan uang dan berhutang sana-sini karena tidak punya uang sesenpun. Sampai akhirnya perusahaan mendapat angin segar karena tiba-tiba kartun ciptaan walt mendapat respon positif. Tapi perusahaannya tetap mengalami kebangkrutan.

Kemudian Walt mencoba kerjasama dibioskop lokal dibantu kakaknya untuk menayangkan film animasinya walt. Tahun 1925 Walt menikah dengan mantan sekertarisnya. Karena pegawainya juga banyak pindah keperusahaan lain, Walt harus bekerja keras sendiri dan banyak lembur.

Dan pada saat itu, pertama kali dia menemukan karakter MICKEY MOUSE, yang sekarang sangat terkenal. Tahun 1928 Film animasi tersebut mendapat efek suara dan film animasi mickey mouse yang berjudul “Steamboat Willie” menuai kesuksesan.

Perusahaan Walt mulai berkembang dan segala impian masa kecilnya mulai dia wujudkan. Menjadi ilustrator dan sangat terkenal. Akhirnya walt mendirikan sebuah taman hiburan yang berisikan karakter kartun yang diciptakan dan bisa dinikmati seluruh keluarga serta bersih dan nyaman.

Tahun 1952, Walt melakukan survey ke amerika dan Eropa kemudian dia merancang taman hiburan yang bernama “DISNEYLAND”. Setelah itu pada tanggal 17 Juli 1955 dibuka untuk umum dalam waktu 7 minggu sudah lebih dari satu juta orang yang berkunjung.

Dan menjadikan Disneyland tempat hiburan nomor satu di amerika. Perusahaan walt disney diantaranya memiliki 5 tempat liburan mewah, 11 taman hiburan, 2 taman hiburan bertemakan air, 39 hotel, 8 studio animasi, 6 label rekaman, 11 jaringan tv kabel, dan 1 jaringan televisi internasional. Dan pada tahun 2007 perusahaan mendapatkan pendapatan sebesar U.S. $35 Milyar.

Walt Disney meninggal pada tanggal 15 desember 1966, namun impiannya telah ada dan menjadi impian yang besar. Bagaimana kawan?

“Saluttt!” Itulah apresiasi kowandy kepada sang inspirasi sukses, Walt Disney. Meskipun dia memiliki banyak kegagalan tetapi semangatnya luar biasa untuk mewujudkan impiannya. Jangan cuma baca kawan, tapi praktekkan semangatnya dalam karir Anda. (Bj)