Home Ekbis Interkoneksi Pelabuhan Diharap Bisa Tekan Biaya Logistik

Interkoneksi Pelabuhan Diharap Bisa Tekan Biaya Logistik

image

Semarang, 10/4 (Beritajateng.net)-Interkoneksi pengangkutan barang dari pelabuhan di Pulau Jawa diharapkan mampu menekan angka biaya logistik.

Pelaksana harian (Plh) GM Terminal Petikemas Semarang (TPkS) Edy Sulaksono mengatakan biaya logistik pengiriman barang dengan jalur darat diakuinya sangat besar. Sehingga berpengaruh pada harga produk tersebut ketika berada di tangan konsumen.

Sebab itu lanjut Edy yang juga Manager Operasi TPKS, dengan adanya interkoneksi pengangkutan barang mulai dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Tanjung Emas Semarang dan Tanjung Perak Surabaya yang dimulai sejak dua tahun lalu diharapkan bisa menekan biaya logistik yang ada. “Sehingga harga produk ketika sampai di tangan konsumen tidak terlampau mahal,”ujarnya.

Sementara, jelas Edy untuk aktivitas bongkar muat di TPKS periode Januari-Maret 2015 ada peningkatan delapan persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Triwulan pertama 2015 ini TPKS melakukan handling petikemas ekspor-impor dan pengiriman domestik sebanyak 151.464 TEUS. Sedang selama bulan Maret kemarin ada 94.836 boks terdiri dari 91.350 boks internasional dan domestik sebanyak 3.444 boks.(BJ23)

Advertisements