Home News Update Inilah Tantangan dan Peluang Wisudawan

Inilah Tantangan dan Peluang Wisudawan

588

Semarang, 30/3 (BeritaJateng.net) – Sebuah prestasi yang membanggakan apabila Universitas mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas. Era digitalisasi saat ini ditambah perkembangan internet yang sangat cepat menyebabkan adanya perubahan informasi.

Hal ini diaampaikan Rektor Udinus, Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom saat memberikan pidatonya dalam acara wisuda ke-56 dengan membuka salam berbahasa Korea dan berpantun yang isinya terkait kemajuan Universitas. Pihaknya menuturkan perubahan besar telah terjadi, untuk itu para wisudawan harus bisa melihat peluang dan tantangan.

Dijelaskan Edi, sedikitnya ada 2.100 orang yang pada saat disurvei diketahui jumlah populasi sebesar 63 persen pembaca koran adalah anak muda. Pemakai internet di dunia populasinya mencapai 3 Milyar sebanding dengan pemakai handphone sebanyak 3 Milyar.

Dari hasil penelitian tersebut, masyarakat menggunakan internet 5 jam per hari dan menggunakan seluler 3 jam sehari.

“Ternyata pemakai handphone dan internet adalah orang dengan usia 35 tahun ke bawah. Pelan tapi pasti, masyarakat mulai meninggalkan media tradisional,” tutur Edi kepada para 702 wisudawan, Rabu (30/3) siang.

Disisi lain, saat ini media tradisional juga mulai mengandalkan media digital karena pengaruhnya yang lebih cepat. Dikatakan Edi, internet sudah mengalahkan popularitas Koran dan Televisi.

Begitupun penjualan produk yang dilakukan secara online, menurutnya akan membawa dampak perubahan yang lebih pesat. Penjualan online apabila langsung dari pabriknya bisa lebih murah. Adanya era digital menimbulkan perubahan yang luar biasa karena lebih cepat dan efisien melalui penjualan online .

“Anak muda jumlahnya makin lama semakin besar. Ini akan membawa efek pada dunia industri. Selain itu juga membawa dampak pelan tapi pasti berimbas pada iklan,” imbuh Edi.

Edi berpesan agar para wisudawan lebih memperhatikan fenomena perubahan media tradisional ke arah media digital. Mereka bisa lebih bijak dan cerdas dalam melihat peluang dan tantangan ke depan.

“Semoga sesudah ini, para wisudawan dapat memperoleh pekerjaan dan bisa berwirausaha. Tidak kalah penting, ada keseimbangan antara mencari pekerjaan dan mencari pasangan,” jelasnya.

Di hall room Rama Shinta tempat prosesi wisuda Udinus ke-56, alunan lagu Korea “Oppa Gangnam Style” juga turut memeriahkan acara ini, dikarenakan adanya kerjasama antara Udinus dengan Joenju University.

Dikatakan Rektor Udinus, Korea adalah negara dengan hari kemerdekaan selisih satu hari dengan Indonesia, yaitu tanggal 18 Agustus 1945. Seiring berjalannya waktu, Korea menjadi negara industri terbesar ke empat dunia.

Dengan adanya kerjasama ini, manfaat yang diperoleh Udinus, adanya program beasiswa untuk 6 mahasiswa yang kuliah Pasca Sarjana. Selain itu, Udinus juga akan membentuk pusat studi bahasa korea yang ditujukan kepada seluruh mahasiswa.

“Harapannya mahasiswa pada tahun pertama dan kedua ada di Udinus, setelah itu untuk tahun ketiga dan keempat ada di Korea,” tutur Edi.

Berdasarkan Surat Keputusan dari Menristek, Udinus diijinkan untuk membuka enam prodi baru, diantaranya ada tiga program S1 dan tiga program Studi Terapan yang akan terus dikembangkan.

Sementara itu, Koordinator Kopertis Prof. Dr. Dwi Yuwono Puji Sugiharto, M.Pd.Kons juga menambahkan bahwa perkembangan Kopertis intinya ada pada pelayanan Perguruan Tinggi Swasta (PTS), dilihat dari sisi penambahan dosen dan perkembangan regulasi.

Jika berasal dari luar dosen sudah pensiun akan diberi nomor induk dosen khusus (NIDK). Selain itu juga ada peningkatan kualitas melalui akreditasi.

“Hal ini terkait dengan usulan perubahan Universitas dan penambahan prodi yang sudah diatur tiap tahunnya. Prodi Universitas yang belum terakreditasi A didorong agar menjadi A. Contohnya kemarin kita mengundang Unika, UKSW dan Unissula untuk berproses,” ujar Sugiharto saat diwawancarai di Hall room Rama Shinta Patra Jasa, Rabu (30/3) siang.

Dikatakan Sugiharto, pihaknya dalam hal ini memberikan kontrol agar acara wisuda Udinus saat ini sah melalui prodi yang terakreditasi dan terdaftar dalam pangkalan data perguruan tinggi secara online. (BJT01)