Home Hiburan Inilah Sosok Yang Akan J adi Perias Kahiyang Ayu

Inilah Sosok Yang Akan J adi Perias Kahiyang Ayu

139
0
Endang Sundari Soemaryono perias pilihan keluarga Jokowi untuk pernikahan Kahiyang Ayu.
        SOLO, 1/11 (BeritaJateng.net) – Keluarga Presiden Jokowi secara khusus sudah mempercayakan tata rias dan busana untuk resepsi temu pengantin pada salah satu perias pengantin kawakan yang termakan yakni  Endang Sundari Soemaryono atau lebih dikenal dengan sebutan Bu Maryono (80).
          Masih terlihat guratan kecantikan di wajah Bu Maryono meski usianya sudah tidak muda lagi. Namun hingga saat ini permintaan merias pengantin masih dilakoninya meski dirinya tidak bisa menerima seluruh permintaan merias karena kondisinya sudah tidak seperti dulu. Nama Bu Maryono sebagai perias pengantin sudah puluhan tahun dilakoninya sejak tahun 1982. Dan sekarang mendapat kepercayaan dari orang nomor satu di Indonesia untuk merias putrinya.
           Dengan mengambil gaya pengantin khas Solo, Kahiyang Ayu akan tampil cantik di hari bahagianya. Perias yang sudah mumpuni ini akan memimpin seluruh prosesi adat Jawa jelang pernikahan mulai dari siraman, Midodareni, hingga panggih temanten (resepsi).
        “Masing-masing acara nanti beda riasan dan agemannya (busana). Baik siraman, midodareni, sampai panggih nganten,” jelasnya Rabu (1/11/2017).
         Dalam tradisi Jawa, jelas Bu Maryono, tata rias pengantin akan menggunakan para ulama dihias di bagian kening pengantin wanita. Rambut akan digelung dengan gaya ukel besar dan diambah cunduk mentul berjumlah tujuh  atau sembilan buah. Selai  itu juga disematkan rangkain panjang bunga melati  yang menjuntai hingga ke bagian dada pengantin wanita.
         “Kenapa cunduk mentul berjumlah tujuh atau sembilan karena tujuh dalam bahasa Jawa adalah pitu  yang memiliki makna pitilungan (pertolongan) dari Tuhan Yang Maha Kuasa dan sembilan (songo, dalam bahasa Jawa) melambangkan Wali Songo,” jelas Bu Maryono.
         Meski sudah sangat sepuh, namun goresan tangan Bu Maryono pada wajah pengantin sudah tidak diragukan lagi. Bahkan khusus untuk pengantinnya selalu di tangani sendiri oleh Bu Maryono.
        “Paes khusus pengantin, saya sendiri. Lainnya dibantu asisten,” tutur Bu Maryono.
          Selain itu Bu Maryono juga sebutkan ada satu permintaan khusus dari ibu calon pengantin yakni Iriana Joko Widodo agar riasannya tidak terlalu mencolok. Sederhana namun elegant. Baik untuk acara siraman, mododareni, ijab qobul dan resepsi. (Db/EL)