Home News Update Ini Sosok Dhayita Daneswari, Kepala Polsek Muda dan Cantik di Semarang

Ini Sosok Dhayita Daneswari, Kepala Polsek Muda dan Cantik di Semarang

Screenshot_2015-10-15-06-11-00

Semarang, 15/10 (BeritaJateng.net) – Polsek Candisari Semarang merupakan Polsek yang tergolong baru dibanding Polsek-polsek lain yang ada di Kota Semarang. Terdapat 7 Kelurahan yang menjadi wilayah hukum di Polsek ini, diantaranya Jomblang, Tegalsari, Jatingaleh, Karanganyar Gunung, Candi dan Kaliwiru serta Wonotingal. Didirikan 21 September 2015 lalu, Polsek ini dipimpin oleh seorang Polwan yang cantik dan muda.

Dhayita Daneswari, SIK namanya, meskipun masih berumur 23 tahun, ia mendapat kepercayaan untuk menjabat sebagai Kapolsek di wilayah itu. Polwan berpangkat Iptu tersebut bisa dikatakan sebagai Kapolsek termuda di Semarang, bahkan di Pulau Jawa.

“Untuk di Jawa bisa dibilang demikian, tapi kalau di luar Jawa banyak seangkatan saya yang juga jadi Kapolsek,” ujarnya kepada BeritaJateng.net.

Dhayita merupakan lulusan Akpol Angkatan 44 Wiratama Bhayangkara tahun 2012. Kemudian, ia melanjutkan pendidikan ke STIK-PTIK (Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian – Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian) di Jakarta selama setahun.

Dilahirkan di Semarang, tanggal 24 Desember 1991, karir Dhayita diawali sebagai Panit SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu) di Mapolrestabes Semarang.

“Ya itu dinas pertama saya, setelah itu di Panit Reskrim Polsek Tembalang Semarang dan juga BKO pengasuh Polwan di Sekolah Polisi Negara yang ada di Purwokerto,” kata alumni SMA 6 Semarang itu.

Sebelum menjabat sebagai Kapolsek Candisari Semarang, Dhayita ditugaskan di unit PPA (Pelayanan Perempuan dan Anak) Polrestabes Semarang. Menurutnya, jabatan yang disandangnya saat ini tidak lantas membuatnya menjadi “besar kepala”, melainkan justru sebuah tanggung jawab yang besar.

“Biasanya memang seorang Kapolsek di kota besar itu berpangkat Kompol, sedangkan saya masih Iptu, jadi ya ada kebanggaan tersendiri, tapi yang terpenting ini merupakan sebuah tanggung jawab yang baru,” kata anak kedua dari empat bersaudara itu.

Kini Dhayita memiliki kurang lebih 30 bawahan, yang secara usia terpaut jauh lebih muda dibanding rekan-rekannya. Sebagai Kapolsek yang tentunya mempunyai wewenang di kantornya, ia menuturkan akan tetap sopan dan menghormati terhadap siapapun.

“Apalagi disini kan Jawa yang erat dengan sopan santun. Saling kerja sama yang penting,” ujar anak dari pasangan Ir. Purboyo Paminggir Baroto dan Dra. Riche Hariyati itu. (Bjt02)