Ini Progres Pembangunan Ruas Tol Trans Jawa

Proses pembangunan jalan tol Trans Jawa.

SEMARANG, 09/01 (BeritaJateng.net) – Progres kontruksi pembangunan ruas jalan tol Pejagan-Pemalang seksi 3 dan 4 sudah mencapai 57,25% (persen) dan pembebasan lahannya mencapai 98% (persen), hal itu dinyatakan Menteri PU (Pekerjaan Umum) dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono. Meski ditargetkan rampung keseluruhannya pada Desember 2017, namun diharapkan secara fungsional dapat dilalui saat lebaran tahun ini.

Jalan tol Pejagan-Pemalang terdiri dari 4 seksi, untuk seksi 1 dan 2 hingga keluar Brebes Timur telah dioperasikan pada Juni 2016 lalu. Seperti diketahui, jalan tol Pejagan-Pemalang memiliki panjang 57,5 km. Sedangkan untuk ruas tol Pemalang-Batang, memiliki panjang 39 km. Jalan tol Pemalang-Batang tersebut, juga ditargetkan dapat difungsionalkan untuk dilalui pemudik lebaran 2017 nanti.

“Untuk jalan tol Pemalang-Batang yang memiliki total panjang 39 km, ada istilahnya soft soil atau kualitas tanahnya sulit pada beberapa kilometer. Sehingga perlu treatment dan disepakati dilakukan dengan metode vacuum,” jelas Menteri PU dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono.

Pada akhir Januari nanti, menurut Basuki Hadimuljono, penanganan vacuum pada beberapa kilometer di ruas jalan tol Pemalang-Batang, akan diperiksa kembali perkembangannya. Jika dirasa tidak selesai, pihaknya akan mencarikan solusi lain. Sehingga saat difungsionalkan nanti, tidak ada permasalahan.

“Saat ini, kontruksi ruas tol Pemalang-Batang mencapai 6,63% (persen) dan pembebasan lahan mencapai 80,80% (persen),” terangnya.

Untuk ruas jalan tol Batang-Semarang yang pada April 2016 lalu telah groundbreaking, dari hasil peninjauan Menteri PU dan Perumahan Rakyat menunjukkan beberapa lokasi sudah dapat dilalui. Sehingga pada lebaran 2017 nanti dapat difungsionalkan, meski ditargetkan baru akan beroperasi pada Desember 2018. Untuk panjang yaitu 75 km, terdiri dari 5 seksi. Progres konstruksinya telah mencapai 10,95% (persen) dan pembebasan lahan mencapai 65,15% (persen). (ED/EL)

Tulis Komentar Pertama