Home Lintas Jateng Ini Nama-nama Juara Pameran Produk Inovasi 2015

Ini Nama-nama Juara Pameran Produk Inovasi 2015

IMG_20151026_160540

Semarang, 26/10 (BeritaJateng.net) – Acara penutupan Pameran Produk Inovasi 2015 yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Jawa Tengah di Lawang Sewu Semarang menghasilkan nama-nama juara baik tingkat Sekolah maupun Perguruan Tinggi, Senin (26/10).

Acara yang digelar dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harkitnas) yang ke-20 tersebut semua produknya merupakan hasil temuan dari masyarakat. Totalnya ada 70 stand se-Jawa Tengah dan disaring menjadi 20 stand. Dari 20 stand dibagi lagi ke dalam tingkat provinsi dan tingkat nasional.

Selain produk inovasi, ada juga penampilan tari tradisional modern. Ada berbagai macam kategori lomba, seperti lomba roket air, lomba mewarnai, Lomba Animasi Kreatif Iklan Layanan Masyarakat, Kompetisi Inovasi Daur Ulang Barang Bekas (Kidubarkas) dan masih banyak lagi.

Pemenang Lomba roket air tingkat SMP dan SMA/SMK pada Pameran Produk Inovasi tahun ini dijuarai oleh Fahrizal dan Daffa dari SMP IT PAPB Semarang. Sedangkan untuk tingkat SMA/SMK dijuarai oleh Gesit Cahyo Santiko dan M. Ilham Budi Setiawan dari SMKN 4 Semarang. Adapun dari luar Semarang, untuk tingkat SMA/SMK se-Kota Magelang dijuarai oleh SMKN 3 Kota Magelang.

Sementara itu, untuk kategori lomba mewarnai dijuarai oleh TK PGRI II Semarang dan TK Al Qolam Semarang. Kemudian, lomba Robotik dimenangkan oleh SD Terang Bangsa.

Untuk tingkat Perguruan Tinggi, seperti Lomba Animasi Kreatif Iklan Layanan Masyarakat dimenangkan oleh Achmad Agus Ilyas dari Universitas Negeri Semarang (Unnes). Ada pula Kompetisi Inovasi Daur Ulang Barang Bekas (Kidubarkas) tingkat SMA dimenangkan oleh SMA Kebon Dalem Semarang.

Dari nama-nama sekolah yang telah disebutkan tersebut, pihak Kasubid Sosialisasi dan Penerapan IPTEK, Drs. Sutiono berharap pameran produk inovasi 2015 ini ditujukan untuk membudayakan IPTEK di tingkat Asia, Asean bahkan Dunia.

“Hal ini diharapkan bisa mendorong pelajar dan mahasiswa supaya tidak ketinggalan teknologi,” ujar Sutiono.

Sutiono juga menjelaskan jika yang menjadi Juara Pertama akan mendapat penghargaan langsung dari Gubernur Jawa Tengah.

“Juara I mendapat piala Gubernur Jawa Tengah dan uang pembinaan Rp 1 juta, juara II mendapat piala dari panitia dan uang pembinaan Rp 750 ribu dan yang terakhir juara III mendapat piala panitia serta uang pembinaan Rp 500 ribu,” jelas Sutiono. (BJT01)