Home Ekbis Inflasi Terkendali, TPID Jateng Gencarkan Koordinasi

Inflasi Terkendali, TPID Jateng Gencarkan Koordinasi

bank indonesia

Semarang, 3/11 (BeritaJateng.net) – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Rapat Tingkat Pimpinan (High Level Meeting – HLM) yang dipimpin langsung oleh Plh. Sekda Jawa Tengah, Bp. Ir. Djoko Sutrisno, M.Si. Pertemuan tersebut merupakan pertemuan rutin yang bertujuan untuk mengevaluasi pencapaian inflasi dan program kerja TPID Jawa Tengah.

Ketua Tim Pengendalian Inflasi Provinsi Jawa Tengah Ir. Djoko Sutrisno, M.Si mengatakan, laju inflasi tahun kalender Jawa Tengah hingga September 2015 adalah sebesar 1,54% (ytd), jauh lebih kecil dibanding rata-rata tiga tahun terakhir yaitu sebesar 4,92% (ytd). “Bahkan hingga akhir tahun, inflasi Jawa Tengah diperkirakan akan berada di bawah target 4±1%,” katanya.

Menurutnya, meskipun pencapaian inflasi Jawa Tengah relatif rendah, namun TPID Jawa Tengah masih tetap akan melaksanakan berbagai kegiatan yang mendukung upaya pengendalian harga melalui kegiatan-kegiatan rutin, pemantauan dan penyampaian informasi harga harian, rapat koordinasi dengan anggota TPID dan pelaku pasar, pasar murah, sidak pasar dan lain-lain, termasuk melakukan koordinasi baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi maupun lintas provinsi.

Berdasarkan hasil rapat, disepakati beberapa hal sebagai berikut yakni, TPID Jawa Tengah akan mendorong optimalisasi belanja fiskal daerah melalui peningkatan pemanfaatan dana desa dalam rangka pembangunan infrastruktur yang mendukung ketersediaan pangan dengan harga yang terjangkau.

TPID Jawa Tengah melalui SKPD terkait berkomitmen untuk mengevaluasi dan memetakan potensi daerah sehingga dapat melaksanakan kerjasama perdagangan untuk menjamin ketersediaan pasokan pangan yang dibutuhkan. (Bj)