Home Headline Indonesia Tetap Aman, Pasca Travel Warning

Indonesia Tetap Aman, Pasca Travel Warning

310
0
image
Indonesia Aman

Jakarta, 8/1 (Beritajateng.net) – Kepolisian Republik Indonesia memastikan hingga saat ini kondisi keamanan Indonesia masih relatif aman dan terkendali pasca-“travel warning” Amerika Serikat.

“Berdasarkan kajian intelijen keamanan Polri, tidak ada gangguan kamtibmas yang menonjol,” kata Kadivhumas Polri Irjen Ronny F. Sompie, saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Meski kondisi keamanan masih terkendali, ia menegaskan Polri tetap meningkatkan kewaspadaan. “Polri tetap meningkatkan kewaspadaan sejak travel advice itu diumumkan,” katanya.

Sebelumnya Amerika Serikat mengeluarkan “travel warning” yang yang menyarankan warganya agar tidak berkunjung ke Indonesia karena ada potensi gangguan terorisme.

Pemerintah AS mengeluarkan peringatan bagi warganya untuk selalu waspada dan hati-hati saat mengunjungi fasilitas tertentu di ibu kota Provinsi Jawa Timur, Surabaya.

Meski demikian, kata Ronny, peringatan dari AS tersebut masih berkategori “travel advice”. “Itu kategorinya ‘travel advice’, belum menjadi ‘travel warning’,” katanya.

“Travel advice”, katanya, dikeluarkan secara rutin di suatu negara dengan pertimbangan tertentu dari intelijen untuk memastikan warga negaranya aman bila mengunjungi suatu kota di negara tertentu.(ant/bj02)