Ikatan Pelaut Semarang (IPS) Gelar Bakti Sosial Donor Darah Dalam Rangka HUT Ke 1

            Semarang, 12/9 (BeritaJateng.net) – Keluarga Ikatan Pelaut Semarang (IPS) mengadakan kegiatan bakti sosial dalam bentuk donor darah. Kegiatan di lakukan diruang Andromeda, Akademi Pelayaran Niaga Indonesia (Akpelni)  di Jalan Pawiyatan Luhur II No. 17, Bendan Duwur,  Gajah Mungkur Semarang, Senin (11/9).
              Kegiatan ini dilaksanakan oleh Ikatan pelaut semarang (IPS) bekerja sama dengan Akpelni dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang.
                Menurut Slamet Riyadi, Ketua Umum Ikatan Pelaut Semarang menjelaskan kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan perayaan ulang tahun yang pertama Keluarga Ikatan Pelaut Semarang yang telah berbadan hukum dan tercatat di Kemenkumham RI No. AHU-0001061.AH.01.07.
                   “Kegiatan bakti sosial donor darah merupakan rangkaian HUT Ikatan Pelaut Semarang yang pertama, untuk perayaan puncak akan dilakukan pada tanggal 17 September mendatang,” ujarnya usai mengikuti donor darah di Akpelni.
                 Di saat puluhan peserta yang ingin mendonorkan darahnya sedang mendaftarkan diri di meja registrasi untuk mengisi formulir persyaratan. Pihak PMI sendiri sedang melakukan persiapan untuk acara bakti sosial tersebut.
                 Sebelum mendonorkan darah, petugas PMI mengecek para pendonor terlebih dahulu untuk mengetahui apakah darah mereka cocok untuk didonorkan atau tidak. Setelah mendapatkan persetujuan, peserta donor baru diperbolehkan menyumbangkan darahnya.
                  Slamet Riyadi menambahkan, Kegiatan ini bertujuan antara lain untuk memenuhi kebutuhan darah di wilayah Kota Semarang,  agar tersedianya stok darah bagi masyarakat umumnya dan bagi Peserta JKN-KIS khususnya, yang membutuhkan donor darah.
Ikatan Pelaut Semarang (IPS) Gelar Bakti Sosial Donor Darah Dalam Rangka HUT Ke 1
Ikatan Pelaut Semarang (IPS) Gelar Bakti Sosial Donor Darah Dalam Rangka HUT Ke 1

“Tentunya kegiatan ini untuk memenuhi kebutuhan stok darah bagi warga Kota Semarang yang membutuhkan. Kegiatan ini atas kerjasama dengan Akpelni dan Palang Merah Indonesia Kota Semarang,” tuturnya.

                 Selain itu donor darah dapat juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan, melindungi jantung, meningkatkan sel darah merah, mencegah stroke, meningkatkan kesehatan psikologis, Memperbarui sel darah baru, serta mencegah resiko terkena penyakit langka.
                    Para pendonor pun tampak antusias mengikuti acara sosial ini. Tidak hanya anggota pelaut Semarang, namun juga para siswa-siswi Akpelni. Hal itu terlihat dari raut wajah dan kedatangan mereka yang tepat waktu.
                    Cahya Fajar Budi Hartono M.Mar, Wakil Direktur Akpelni sangat mengapresiasi Kegiatan Bakti Sosial yang dilakukan Ikatan Pelaut Semarang.
                     “Kita berikan  apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kegiatan ini. Kita harapkan kegiatan ini dapat terus berkelanjutan,” ujarnya.
                    Dalam Kegiatan Donor darah ini berhasil terkumpul 150 kantong darah. (Nh/El)

Tulis Komentar Pertama

TINGGALKAN TANGGAPAN