Home News Update Idul Adha, Muhamadiyah Liburkan Sekolah Tiga Hari

Idul Adha, Muhamadiyah Liburkan Sekolah Tiga Hari

Idul Adha

Semarang, 23/9 (BeritaJateng.net) –
Berkenaan dengan ditetapkannya hari Raya Idul Adha 1436 H yang jatuh hari ini, Rabu (23/9) bagi warga Muhammadiyah, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 3 Semarang diliburkan selama hari tasyrik, kurang lebih 3 hari.

Rencananya, libur tersebut akan berlangsung hingga Sabtu (26/9/2015) mendatang. Para siswa pun akan kembali masuk sekolah pada hari Senin (28/9/2015).

Kepastian itu disampaikan Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 3, Munawir Sobrowi, Rabu (23/9) siang.

Diliburkannya para siswa sekolah tersebut, agar seluruh warga Muhammadiyah dapat ikut serta melaksanakan momen Idul Adha.

Adapun libur sekolah tersebut didasarkan pada surat resmi dari Majlis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Muhammadiyah Kota Semarang, yang merupakan lembaga otonom Muhammadiyah khusus yang mengelola bidang pendidikan.

Masjlis Dikdasmen yang diketuai oleh Prof. Dr. Kasmadi., M. Sc ini mengelola beberapa sekolah Muhammadiyah di Semarang, diantaranya SMP Muhammadiyah 1, SMP Muhammadiyah 3, SMP Muhammadiyah 5, SMP Muhammadiyah 6, SMP Muhammadiyah 9, SMA Muhammadiyah 1, SMK Muhammadiyah 1 dan SD Muhammadiyah 6.

“SMP Muhammadiyah 3 tetap komitmen dengan hasil hisab PP Muhammadiyah. Semua siswa hadir menunaikan shalat Idul Adha di sekolah. Hari ini tetap efektif di sekolah, hanya saja khusus pengamalan ibadah,” jelas Munawir.

Menyikapi perbedaan penetapan pelaksanaan shalat Id, dari segi edukasi siswa dilatih terbiasa dengan perbedaan.

“Supaya anak-anak terbiasa dengan perbedaan, sehingga ketika menjumpai perbedaan apapun bisa menyikapi secara bijaksana,” ujarnya.

Sekolah merupakan tempat dan waktu strategis, lanjut Munawir. Dimana nilai-nilai religius ditanamkan kepada seluruh siswa.

Untuk libur sekolah, tiap semester sudah ada target dari Dinas Pendidikan Kota Semarang.

“Muhammadiyah hanya menggeser jatah libur sekolah dengan tidak menambah dan mengurangi,” ujar Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 3 tersebut.

Munawir juga menambahkan berkaitan dengan hewan Qurban, SMP Muhammadiyah 3 berqurban 2 ekor sapi dan 4 ekor kambing. Dengan rincian, 1 ekor sapi dan 2 ekor kambing dari bapak dan Ibu Guru. 1 ekor sapi dari siswa dan 2 ekor kambing dari wali murid. (BJT01)