Home Headline Hutan Lawu Dan Merbabu Terbakar Di Waktu Yang  Bersamaan 

Hutan Lawu Dan Merbabu Terbakar Di Waktu Yang  Bersamaan 

kebakaran hutan

KARANGANYAR, 21/8 (BeritaJateng.net) – Dampak musim kemarau yang baru beberapa waktu terjadi sudah berimbas pada terbakarnya hutan di beberapa wilayah di propinsi Jawa Tengah. Bahkan terjadi juga dalam waktu yang bersamaan. 

Salah satu hutan yang terbakar berada di kawasan Gunung Lawu yang berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Lokasi terbakarnya hutan berada di hutan Mrutu sebelah selatan pos pendakian Cemoro  Kandang, desa Gondosuli, Tawangmang, Karanganyar, Jawa Tengah.

Informasi yang diperoleh  beritajateng.net dari anggota tim SAR  Karanganyar Emergency, Maryono menyebutkan titik apai kebakaran sudah mulai terlihat sejak hari Kamis (20/8/2015) siang. Bahkan sampai saat ini api belum juga padam. 

“Dari siang udah terlihat sebenarnya namun hanya titik api kecil. Namun sampai sekarang api belum juga padam,” terang Maryono saat ditemui Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (21/8/2015).

Sebab terjadinya kebakaran jelas Maryono belum bisa diketahui berasal dari mana dan disebabkan karena alam atau ulah manusia. Namun Maryono menyebutkan jika hutan tersebut sering di dijadikan lokasi untuk membuat arang. Selain itu masyarakat juga sering mengambil rumput untuk pakan ternak.

Selain Gunung Lawu, kawasan hutan di lereng Gunung Merbabu tepatnya di  wilayah Dukuh Bentrokan dan Dukuh Denokan Desa Wonolelo Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang yang berbatasan dengan wilayah Dukuh Citran Desa. Jrakah Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah juga terbakar hebat.

Informasi yang diterima  dari Pusdalops BPBD Kabupaten Klaten, titik api terlihat jelas di wilayah Klaten. Bahkan  Gubenur Ganjar dan  BPBD Jawa Tengah meminta agar BPBD Klaten untuk mengirimkan bantuan di lokasi kebakaran hutan Merbabu di wilayah Jrakah Boyolali. 

Pihak BPBD Klaten sendiri sudah mengirimkan 5 orang personilnya  berangkat untuk  membantu mengirimkan logistik dan juga masker bagi tim pemadam ke Boyolali. (BJ24)