Home Ekbis HUT BMWCCI Semarang Chapter Gandeng Astra Edukasi Cara Perawatan Mobil

HUT BMWCCI Semarang Chapter Gandeng Astra Edukasi Cara Perawatan Mobil

478
0
HUT BMWCCI Semarang Chapter Gandeng Astra Edukasi Cara Perawatan Mobil

Semarang, 29/12 (BeritaJateng.net) – BMWCCI Semarang Chapter memberikan edukasi kepada member anggotanya untuk dapat merawat kendaraan BMW-nya dengan baik. Dengan menggandeng Astra BMW Semarang yang bertepatan dengan HUT ke 9 BMWCCI Semarang Chapter melakukan general checkup dan emision test secara gratis bagi anggota aktifnya.

Hal ini disampaikan oleh ketua BMWCCI Semarang Chapter, Aryono Agus Indriarko usai acara. Ia menjelaskan bahwa edukasi merawat kendaraan masing-masing sangat diperlukan, karena sesama penghobi mobil BMW pasti sangat ingin mengendarai mobilnya dengan sehat dan tak mengalami kendala.

“Menyambut Anniversary ke 9th ini BMWCCI Semarang Chapter dibantu oleh Astra BMW Semarang melakukan general checkup dan emision test, kami ucapkan banyak terima kasih kepada Pak Heru Purwanto, selaku Kepala Astra BMW Semarang untuk support yang diberikan sehingga member BMWCCI dapat mengetahui kondisi kendaraan mereka sehat, layak jalan dan emisi gas buangnya tidak mengakibatkan polusi,” ungkapnya.

Lanjutnya, Anniversary 9th BMWCCI Semarang Chapter tak hanya melakukan general checkup dan emision test saja, rentetan acara telah dimulai sejak tanggal 27 Desember lalu, diantaranya yakni Charity ke panti Manarul Mabrur di Pudakpayung, General checkup dan emision test, dilanjutkan 28 Desember untuk Cars & BBQ untuk merayakan HUT BMWCCI Semarang Chapter di Astra BMW Semarang.

HUT BMWCCI Semarang Chapter Gandeng Astra Edukasi Cara Perawatan Mobil

“Acara ini merupakan even penutup tahun bagi BMWCCI Semarang Chapter di tahun 2018, setelah kita membuat acara besar berkelas internasional yaitu BimmerFest2018 di PRPP bulan lalu. Berharap ditahun 2019 nanti BMWCCI Semarang Chapter dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan di kota Semarang dan semakin solid seluruh anggotanya, BMWCCI Semarang Chapter akan terus eksis dan mengadakan event yg mengedepankan kekompakam baik pengguna bmw maupun club2 lain serta turut mendukung visit semarang, serta menjadi pelopor berlalulintas,” tambahnya.

Sementara itu Yayat Suryatna, Selaku Kepala Bengkel Astra BMW Semarang menjelaskan bahwa menyambut anniversary 9th BMWCCI Semarang Chapter bekerjasama untuk melakukan general checkup. General checkup untuk memeriksa kondisi dari kendaraan, dari kendaraan itu baik dari sejarah listrik atau sistem kelistrikan hingga penganalisaan mekanis fungsional kendaraan BMW tersebut, namun diluar body part.

“Dari sisi mekanisme seperti contoh, pengecekan rem, kaki kaki shock, lampu, kebocoran oli dan banyak lainya. Nah jika ada hal kerusakan part tersebut dikarenakan usia pemakaian,” ungkapnya.

Lanjutnya, setelah pengecekan mekanisme dilanjutkan dengan diagnosis scanner, dari alat scan tersebut akan terlihat part-part dan sensor yang baik maupun tidak baik.

“Scanner kita lakukan secara total apa aja item-itemnya, setelah apa-apa aja item itemnya kemudian sekaligus teman-teman di bengkel juga memberikan informasi terhadap pemilik kendaraan,” ucapnya.

Diutarakan Yayat bahwa hal yang tak kalah pentingnya adalah melakukan uji emisi, hal ini merupakan hasil potret performers dari mobil tersebut, dari mobil yang diperiksa bisa jadi emisinya gas buangnya kurang bagus, artinya dapat menjadi boros atau terlalu irit, dan kurang bagus itu bisa jadi CO ketinggian atau HC nya terlalu tinggi.

“Biasanya dampaknya apa bisa dari beberapa faktor, misalnya faktor pertama itu dari pengapiannya yang kurang bagus, itu artinya kita akan koreksi dengan busi atau koil, lalu misalnya ada lagi gas buangnya terlalu HC terlalu tinggi bisa juga diakibatkan oleh kualitas bahan bakar, dan kualitas bahan bakar jadi dari hasil potret tersebut bisa kita analisa,” pungkasnya.

Ia menambahkan bahwa melakukan general checkup dan emisiont test dapat dilakukan setiap enam bulan sekali, agar apabila ada kerusakan dapat tertangani dengan segera, dan tidak mengakibatkan kerusakan yang fatal pada kendaraan. (AK)

HUT BMWCCI Semarang Chapter Gandeng Astra Edukasi Cara Perawatan Mobil