Home Headline Hukuman Mati Layak untuk Gembong Narkoba

Hukuman Mati Layak untuk Gembong Narkoba

ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

Palu, 21/1 (BeritaJateng.net) – Seorang tokoh muda agama Kristen di Palu, Sulawesi Tengah, mengatakan hukuman mati layak diberikan untuk para gembong narkoba karena perbuatannya dapat merusak mental generasi muda dan juga mengancam keselamatan jiwa manusia.

“Saya mendukung eksekusi mati, meski bertentangan dengan ajaran agama yang saya anut,” kata dosen Sekolah Tinggi Theologian, Jefry Walean, M.Th di Palu, Rabu.

Ia mengatakan hukuman mati yang sudah berlaku lama di Indonesia layak untuki kasus pidana narkoba sebab yang dihukum mati para gembong dan bukan pemakai.

“Memang sangatlah layak jika mereka itu dihukum mati, sebab termasuk kejahatan besar yang mengancam keselamatan jiwa orang banyak,” katanya.

Menurut dia, jika para bandar narkoba terus dibiarkan maka akan semakin banyak pula anak bangsa yang rusak mental atau meninggal dunia akibat pengaruh narkoba.

Karena itu, ujarnya, eksekusi mati adalah salah satu cara untuk memberikan pembelajaran sekaligus efek jera bagi lainnya untuk tidak melakukan hal yang sama.

Jefri mengakui ditinjau dari ajaran agama dan aspek Hak Asasi Manusia (HAM), hukuman mati ditentang karena menghilangkan nyawa seseorang.

Tetapi dari aspek hukum, menurutnya, hal yang wajar karena itu sudah diberlakukan pada kasus kejahatan seperti pembunuhan berencana.

Kejaksaan Agung pada Minggu (18/1) telah mengeksekusi mati enam terpidana narkoba yakni satu warga Indonesia dan lima warga asing.

Sekitar 60 terpidana mati yang sebagian besar kasus narkoba juga telah divonis hukuman mati oleh pengadilan. Saat ini mereka sedang menempuh upaya hukum untuk lolos dari hukuman mati dengan cara mengajukan grasi atau peninjauan kembali. (ant/BJ)