Home News Update Hujan dan Angin Kencang, Pohon Angsana Tumbang

Hujan dan Angin Kencang, Pohon Angsana Tumbang

Petugas memotong batang pohon tumbang di Jalan Dr. Sutomo Jepara.
Petugas memotong batang pohon tumbang di Jalan Dr. Sutomo Jepara.
Petugas memotong batang pohon tumbang di Jalan Dr. Sutomo Jepara.

Jepara, 22/1 (BeritaJateng.net) – Dua Pohon Angsana Tumbang menghalangi ruas jalan Dokter Sutomo Jepara, Kamis. Pegawai dinas cipta karya, tata ruang kota dan kebersihan dibantu BPBD, TNI dan POLRI, bekerja sama evakuasi pohon tumbang.

Untuk memudahkan evakuasi, petugas memotong batang dan cabang pohon dengan gergaji mesin. Selama proses evakuasi, arus lalu lintas di Jalan Dokter Sutomo dialihkan lewat jalur lain.

Jaringan listrik sekitar lokasi sempat padam hingga beberapa jam akibat tertimpa dahan pohon. Tidak ada korban dalam peristiwa ini.

Kasi kedaruratan dan logistik BPBD Jepara, Pujo Praseto menyatakan, dua pohon tumbang tersebut diakibatkan hempasan angin yang terlalu kencang. Menurut Pujo, kondisi akar dan batang pohon terlihat masih kuat meski pohon telah berusia lebih dari dua puluh tahun.

“Pohon tumbang ini terjadi bersamaan datangnya hujan disertai angin kencang sekitar pukul 4 pagi. Dilihat dari akar dan batang pohon sepertinya masih kuat,” ujar Pujo.

Pujo menambahkan, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peritiwa ini. “Saat pohon tumbang terjadi, kondisi jalan masih sepi pengendara, sehingga tidak memakan korban,” tambah Pujo.

Selain menyebabkan pohon tumbang, akibat angin kencang ini juga menyebabkan sejumlah atap bangunan turut rusak, bahkan ada yang roboh. (BJ18)