Home Headline Honor GTT Kab Semarang Setara UMK

Honor GTT Kab Semarang Setara UMK

3586
0

SEMARANG, 25/11 (Beritajateng.net) – Guru Tidak Tetap (GTT) di Kab Semarang mulai Bulan Oktober kemarin bisa tersenyum lebar. Hal ini disebabkan adanya lebijakan anggaran Pemkab Semarang yang mengalokasikan tambahan honor bagi mereka setara upah minimum Kab Semarang.

Kalau sebelumnya GTT SD dan SMP di Kab Semarang hanya mendapat honor rata rata sebesar Rp. 500 ribu, kini mereka mendapat honor sebesar Rp. 1,5 juta. Honor sejumlah itu masih ditambah 15 persen dari dana bos atau sekitar Rp. 400 ribu.

“Dari kedua sumber honor tersebut jumlahnya sekitar Rp. 1,9 juta. Ini sama dengan UMK Kab Semarang,” ungkap Ketua DPRD kab Semarang Bambang Kusriyanto, usai mengikuti upacara Hari Guru Nasional di Alun Alun Bung Karno Ungaran, Minggu (25/11).

Pria yang akrab disapa Bambang Krebo ini menjelaskan, Besaran honor GTT pada tahun 2019 mendatang naik lagi seiring dengan kenaikan UMK. UMK di Kab Semarang pada tahun 2019 sebesar Rp. 2,055 juta.

“Untuk tahun 2019 kami alokasikan anggaran sebesar Rp. 52 miliar untuk sekolah negeri dan 12 miliar untuk sekolah swasta. Jadi totalnya sebesar Rp. 64 miliar,” jelasnya.

Untuk GTT di sekolah swasta besaran honornya berbeda dengan sekolah negeri. Hal ini disebabkan GTT di sekolah swasta masih mendapatkan honor dari yayasan tempatnya mengajar dan alokasi dari dana BOS sebesar 15 persen. Masih ada sumber lain bagi mereka yakni dana sertifikasi bagi yang sudah lulus sertifikasi.

“Prinsipnya kami ingin GTT lebih sejahtera. Paling tidak menambah penghasilan mereka,” katanya.

Kenaikan honor GTT tersebut tentu saja disambut gembira ribuan guru yang belum bisa diangkat menjadi PNS ini. Ketua paguyuban GTT-PTT SD SMP Negeri Kab Semarang Tri Mulyanto mengatakan, kenaikan honor GTT tersebut disambut gembira dan penuh rasa syukur dari semua GTT di Kab Semarang.

“Tentu kami sangat gembira dan mengucap syukur atas kenaikan ini,” ungkapnya.

Tri Wahyudi yang juga menjadi guru di SD Negeri Bandungan 02 ini mengharapkan agar para guru meningkatkan kualitas pengabdian dan dedikasi mereka dalam mengajar bukan untuk sekedar kepentingan konsumtif belaka.

Honor GTT di SD dan SMP negeri di Kab Semarang sebelum bulan Oktober kemarin hanya sebesar Rp. 500 ribu ditambah 15 persen dari Dana BOS. Sementara GTT di sekolah swasta hanya mengandalkan dari BOS dan honor dari yayasan. Namun untuk tahun 2019 mendatang mereka akan mendapat tambahan sebesar Rp. 500 ribu per orang.

Selain GTT, pegawai Tidak Tetap (PTT) dan tenaga administrasi juga mendapat alokasi anggaran. Untuk PTT mendapat tambahan sebesar Rp. 1 juta sedangkan tenaga administrasi mendapat Rp. 750 ribu plus BOS.

Di tahun 2019 GTT mendapat honor sebesar Rp. 2,055 juta. Sedangkan PTT sebesar Rp. 1,355 juta dan Rp. 1,1 juta untuk tenaga administrasi.

(NK)