Home Ekbis Honda Jateng Edukasi 1.800 Ojek Online Perilaku Aman Berkendara

Honda Jateng Edukasi 1.800 Ojek Online Perilaku Aman Berkendara

95
0
Honda Jateng Edukasi 1.800 Ojek Online Perilaku Aman Berkendara

Semarang, 26/5 (BeritaJateng.net) – Main Dealer Astra Motor Jateng menggelar edukasi safety riding kepada 1.800 mitra pengemudi Grab Bike di Markas Banteng Raider Yonif 400, Semarang (25/5). Kegiatan edukasi ini cukup krusial, karena nantinya para mitra Grab ini akan membawa pelanggan dalam kesehariannya bertugas.

Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng, Oke Desiyanto mengatakan bahwa agenda ini diadakan atas inisiatif kedua belah pihak, dimana Grab merasa berkewajiban untuk mengedukasi mitra pengemudinya, dan Honda Jateng memiliki keahlian di bidang ini.

“Nantinya pengemudi saat menjalankan tugas akan membawa penumpang dan berkendara mengelilingi kota Semarang. Pelatihan ini bisa jadi bekal buat mereka untuk tetap safety saat bertugas,” lanjut Oke.

Sebanyak 1.800 mitra pengemudi grab tersebut diajarkan skill dasar aman berkendara secara bergantian pada satu hari penuh. Pelatihan aman berkendara ini menjadi pelatihan safety ridingdengan jumlah peserta terbanyak yang pernah dilakukan oleh Honda Jateng.

Berbagai teknik berkendara pun dikenalkan, mulai dari teknik dasar seperti mounting & dismounting (naik dan turun kendaraan) yang aman dan benar, termasuk memeriksa kendaraan dan memastikan postur tubuh yang baik saat berkendara.

Perwakilan pihak Grab di Jawa Tengah Khoirul Bagus mengatakan bahwa berharap setelah adanya edukasi ini para mitra pengemudi bisa mengetahui tata tertib dan etika berlalu-lintas di jalan raya. “Kerja sama dengan Honda pun akan berkelanjutan, tidak hanya dalam safety riding ini. Kami juga memiliki kerja sama dalam hal pengadaan sepeda motor untuk pengendara,” ujar Khoirul menjelaskan.

Selain itu, teknik yang lebih pro seperti teknik pengereman (breaking), guna mengantisipasi agar tidak terjadi kecelakaan akibat salah teknik pengereman juga diajarkan kepada pengemudi Grab. Seperti ketika hendak melewati jalanan basah & licin atau jalanan berliku. Kemudian, juga diajarkan teknik keseimbangan diatas jalan sempit (narrow plank), dan teknik melewati jalanan bergelombang (bumpy road). Tak ketinggalan peserta juga akan dikenalkan teknik slalom courseatau cara melakukan  akselerasi serta handling kemudi dengan benar.

“Kita maunya sasar semua segmen yang pakai sepeda motor di Jawa Tengah untuk bisa kami edukasi safety riding, salah satunya bersama Grab. Tujuannya agar Satu HATI kita ciptakan perilaku berkendara aman,” tutup Oke.(AK/EL)