Home Headline Home Industri Pembuatan Masker Naik 100 Persen

Home Industri Pembuatan Masker Naik 100 Persen

2880
Home Industri Pembuatan Masker Naik 100 Persen

Semarang, 13/2 (BeritaJateng.net) – Wabah virus Corona  yang menghebohkan seluruh negara ini, seperti halnya  Indonesia, berdampak pada meningkatnya permintaan masker mulai dari produksi pabrikan hingga home industri.

Hal tersebut dirasakan oleh pelaku usaha masker rumahan diwilayah Semarang Timur, tepatnya di Kampung pengrajin masker, Kelurahan Kudu, Kecamatan Genuk.

Peningkatan permintaan masker tersebut sudah berlangsung sejak Pertengahan bulan Januari 2020 kemarin,  dimana permintaan masker dari distributor meningkat hingga 100 persen, hal tersebut dikatakan pengrajin masker, Aswadi (35).

“Naiknya hingga 100 persen sejak berita virus Corona heboh diberbagai negara,” ucap Aswadi.

Sebelum terjadi kenaikan jumlah masker, Aswadi mengaku jika dalam sehari dirinya memproduksi masker sebanyak Lima ribu buah masker, akan tetapi sekarang ini menjadi Tuju hingga Sembilan ribu masker dan itu hanya untuk mensuplai kebutuhan distributor.

Dirinya mengaku sangat kewalahan terkait meningkatnya jumlah permintaan masker, mengingat jumlah pekerja hanya Dua puluh orang saja untuk memenuhi keinginan produsen terpaksa menggunakan jasa ibu-ibu rumah tangga yang berada didekat rumah tinggalnya.

“Permintaan sekarang ini berjumlah Tuju hingga sembilan ribu masker dalam sehari, tanaga saya kurang dengan terpaksa saya mengajak ibu-ibu kampung untuk membantu saya,” tutur Aswadi.

Masker buatannya, lanjut Aswadi, sudah mengikuti standar dan mutu serta kuwalitas kesehatan, mengingat material masker buatannya terdiri beberapa lapisan diantaranya, kain katun, dan bahan sintetis.

“Masker buatan saya sudah mengikuti standar kesehatan dan layak untuk digunakan dan masker itu hanya sekali digunakan, tidak disarankan untuk dipakai lebih dari satu hari,” tutup Aswadi. (BW/El)