Home Headline Hindari Jalur Pantura Demak, Dua Proyek Pembangunan Jembatan Picu Kemacetan Panjang

Hindari Jalur Pantura Demak, Dua Proyek Pembangunan Jembatan Picu Kemacetan Panjang

1345
0
Hindari Jalur Pantura Demak, Dua Proyek Pembangunan Jembatan Picu Kemacetan Panjang
       Demak, 12/9 (BeritaJateng.net) – Dipastikan kemacetan di jalur utama Pantura Demak baik dari Semarang menuju Kudus ataupun sebaliknya semakin panjang, pasalnya ada Dua titik proyek perbaikan jembatan yang sedang dalam pengerjaan.
       Kemacetan di jalur Pantura Demak nampaknya dibenarkan oleh Kasatlantas Polres Demak, AKP Christian C Lolowang,  dimana ada Dua proyek perbaikan dan pembangunan jembatan secara bersamaan, meskipun lokasinya tidak berdekatan namun cukup membuat kemacetan panjang terjadi.
       “Dua jembatan dibangun secara bersamaan, jembatan Kalikondang di wilayah kota sedang satunya jembatan kolonel Sunandar ( Jembatan Trengguli), semuanya kita berlakukan Contra flow,” ucap Kasat Lantas Demak.
        Untuk mengurangi kemacetan panjang, khususnya pada proyek perbaikan jembatan Trengguli, pihaknya sudah memasang rambu-rambu himbauan agar melewati jalur alternatif.
       “Dari Kudus ke Semarang bisa melewati Welahan – Demak atau melewati jalur Purwodadi, begitu juga jalur sebaliknya Semarang – Kudus,” tutur AKP Chrisye C Lolowang.
        Disisi lain, menurut Kaur Pengerjaan Umum pusat Simbolon, menjelaskan,  proyek pembangunan jembatan Trengguli memang bersamaan dengan perbaikan jembatan Kalikondang dan itu sudah dijadwalkan pengerjaannya dari pusat.
        “Kita tinggal melaksanakan pengerjaannya saja, terkait penjadwalan itu bukan wewenang kami,” kata Simbolon.
        Terkait pembangunan jembatan Trengguli, menurutnya sudah tidak layak lagi untuk dilalui kendaraan dengan muatan berat, pasalnya jembatan tersebut sudah berumur 50 tahun dikawatirkan akan runtuh jika terbebani melebihi kapasitas.
       “Jembatan Kolonel Sunandar ini, sudah berumur sudah seharusnya diganti konstruksi rangka nanti akan diubah menjadi konstruksi beton, ucap Simbolon.
       Nantinya pengerjaan jembatan Trengguli dengan panjang  170 meter, lebar 11 meter tersebut yang menelan biaya 115,5 Miliar akan dikerjakan selama 6 bulan, ” nantinya Jembatan Trengguli yang baru, nantinya mampu menopang beban hingga 100 ton selama 100 tahun,” tutup Simbolon.(BW/El)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here