Home News Update Hindari Jalan Rusak Truk Pengangkut Batu Terguling

Hindari Jalan Rusak Truk Pengangkut Batu Terguling

525
0
truk bermuatan batu terguling setelah menghindari jalan rusak
truk bermuatan batu terguling setelah menghindari jalan rusak
truk bermuatan batu terguling setelah menghindari jalan rusak

Jepara,28/01 (Beritajateng.net) –  Sebuah truk BH 8302 BJ yang memuat material batu terguling sisi barat Jalan Sosrodiningrat tepatnya di tikungan depan gardu PLN Ngabul Kecamatan Tahunan, Rabu (28/1).

Truk terguling akibat jalur yang dilalui amblas. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, namun muatan  truk berupa batu pun tumpah.

Supir truk Anton (27) mengaku, ia menghindari jalan rusak tersebut karena beresiko. Kondisi jalan yang rusak dengan kedalaman 30 sentimeter dan panjang hingga lima meter tersebut bisa mengakibatkan as roda truk patah, hingga truk terguling.

“Saya melaju dengan kecepatan sedang. Sebab posisinya memang di tikungan tajam. Saya mengambil jalur kanan sebab khawatir as roda patah, atau truk terguling karena jalan yang rusak memiliki lubang cukup dalam,” terang Anton.

Anton menjelaskan, ia mengambil keputusan untuk menghindari lubang jalan tersebut juga sudah sesuai prosedur keselamatan. Kondisi jalan saat ia melintas sedang sepi. Baik dari arah depan maupun belakang truk yang ia kendarai. Jarak roda truk dengan tepi jalan pun masih sekitar setengah meter.

“Truk terguling bukan karena truk terperosok saluran air di tepi jalan. Sebab jarak roda dengan tepi jalan masih sekitar setengah meter. Tiba-tiba jalan amblas. Truk terguling cukup cepat, sehingga tidak sempat menghindar,” katanya.

Anton menilai, jalur pengalihan tersebut memang tidak layak untuk dilalui truk muatan atau kendaraan berat lainnya. Sebab kualitas jalan hanya layak dilalui kendaraan roda dua maupun kendaraan penumpang. Selain itu, konstruksi jalan yang menikung tajam membahayakan pengendara.

“Jalan ini seharusnya tidak layak untuk dilalui kendaraan bermuatan berat, tapi gimana lagi jalur kendaraan dialihkan lewat sini,” kata Anton.

Tergulingnya truk tersebut mengakibatkan arus lalu lintas di jalur pengalihan tersendat. Aparat kepolisian dari Polsek Tahunan memutuskan untuk membuka jalur di Bundaran Ngabul menuju Kudus, dan menutup jalur di sepanjang Jalan Sosrodiningrat.

Sopir truk dan rekan sopir lainnya dibantu warga, serta pekerja PLN Ngabul berusaha mengevakuasi truk dengan menggunakan katrol milik PLN. (Bj18)