Home Lintas Jateng Hindari Jalan Ini, Ribuan Buruh Gelar Aksi di Jalan Pahlawan dan Stasiun...

Hindari Jalan Ini, Ribuan Buruh Gelar Aksi di Jalan Pahlawan dan Stasiun Tawang

Ribuan buruh yang tergabung dalam FPSMI menggelar konvoi menuju kawasan stasiun Tawang untuk berunjuk rasa dan menyampaikan orasi, Jumat (1/5).
Ribuan buruh yang tergabung dalam FPSMI menggelar konvoi menuju kawasan stasiun Tawang untuk berunjuk rasa dan menyampaikan orasi, Jumat (1/5).

Semarang, 1/5 (BeritaJateng.net) – Sekitar pukul 09.20 WIB ribuan buruh dari Aliansi Gerakan Buruh Berjuang (Gerbang) tiba di Jalan Pahlawan, Semarang. Mereka membawa serta anak-anak dan poster seruan untuk meningkatkan kesejahteraan buruh.

Setibanya di depan gerbang Gubernuran, perwakilan masing-masing serikat buruh naik ke panggung untuk mengarahkan serikatnya untuk menjadi lebih kondusif.

Memulai aksi dengan upacara pengibaran bendera serikat buruh dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. “Aku buruh, memangnya kenapa?” penggalan bait puisi yang dibacakan seorang buruh seusai menyanyikan lagu.

Kemudian dilanjutkan orasi dan pembacaan 9 tuntutan buruh untuk memperoleh kesejahteraan. Bukan hanya itu, mereka juga membentangkan spanduk panjang dan mengibarkan bendera bertulis harapan buruh serta tuntutannya pada masyarakat.

Sebelumnya, para buruh yang berdatangan dari berbagai penjuru Semarang secara tertib memasuki area Jalan Pahlawan yang sengaja ditutup untuk peringatan Hari Buruh Internasional yang jatuh pada 1 Mei.

Sementara itu, di kawasan Tawang, ribuan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonsesia (FPSMI) juga menggelar aksi demo.

Dimulai dengan konvoi sepeda motor di Jalan Pemuda, ribuan buruh menuju depan Stasiun Tawang untuk berorasi dan menyampaikan tuntutannya. Hingga saat ini aksi demo di dua tempat tersebut masih berlangsung. (Bj05/BJ06)

Advertisements