Home Ekbis Himpunan Nelayan Berharap Bank Nelayan Terealisasi

Himpunan Nelayan Berharap Bank Nelayan Terealisasi

Demo nelayan

Cilacap, 23/2 (BeritaJateng.net) – Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mengharapkan bank nelayan seperti yang dijanjikan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) saat kampanye Pemilu 2014 dapat terealisasi.

“Sangat bagus kalau bank nelayan itu diwujudkan demi kesejahteraan nelayan. Berarti, nelayan ada yang memikirkan,” kata Ketua Bidang Organisasi HNSI Cilacap Indon Tjahjono di Cilacap, Senin.

Ia mengatakan bahwa sebelumnya pernah ada Bank Koperasi Tani dan Nelayan (BKTN) yang memberi akses perbankan kepada nelayan.

Akan tetapi sejak BKTN tidak ada, kata dia, nelayan mengandalkan bank umum untuk memperoleh akses perbankan khususnya masalah kredit.

“Padahal untuk mendapat kredit dari bank umum cukup sulit khususnya masalah jaminan yang kebanyakan tidak dimiliki nelayan terutama nelayan kecil. Perahu mereka dijadikan agunan enggak laku,” katanya.

Ia mengharapkan jika bank nelayan seperti yang dijanjikan pasangan Jokowi-JK saat kampanye terealisasi, perbankan khusus nelayan tersebut dapat memberi kemudahan dalam memberikan kredit.

Kendati demikian, dia mengakui bahwa pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla baru beberapa bulan berjalan sehingga banyak program-program yang sangat mendesak untuk diselesaikan.

“Kami menyambut baik meskipun baru berupa pemikiran-pemikiran untuk membela nelayan saja, kami sudah berterima kasih,” katanya. (ant/BJ)