Home Lintas Jateng Hendi Jamin Rob Di Terminal Terboyo H-7 Kering dan Dapat Beroperasi

Hendi Jamin Rob Di Terminal Terboyo H-7 Kering dan Dapat Beroperasi

69
0
Wali kota Semarang Hendrar Prihadi saat meninjau lokasi Rob di Genuk.

Semarang, 16/6 (BeritaJateng.net) – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi optimistis Terminal Terboyo Semarang mulai H-7 Lebaran sudah kering dari rob sehingga bisa dilalui bus untuk arus mudik dan balik.

“Kami yakin Terminal Terboyo Semarang pada H-7 atau setidaknya H-5 sudah kering dari rob),” kata Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi di Semarang, Jumat.

Pemerintah Kota Semarang tetap memfungsikan Terminal Terboyo untuk melayani pemudik pada Lebaran tahun ini meski statusnya sudah beralih dari terminal tipe C yang digunakan untuk terminal barang.

Namun, beberapa waktu ini rob, yakni limpasan air laut ke darat sempat menggenangi Terminal Terboyo dan sekitarnya sehingga menyulitkan akses, baik bus maupun masyarakat ke terminal tersebut.

“Kenapa kami yakin kering? Karena proyek pembangunan tanggul atau `seat pile` di sungai-sungai sekitar Terminal Terboyo minggu lalu sudah jalan lagi,” kata orang nomor satu di Kota Semarang itu.

Diakuinya, pembangunan “seat pile” di sungai sekitar Terminal Terboyo sempat terhenti karena ada persoalan dengan warga, yakni pemilik pabrik di kawasan itu, namun sudah terselesaikan.

“Kemarin memang sempat terhenti karena ada persoalan dengan warga, tepatnya pemilik pabrik. Tetapi, sudah kami fasilitasi dan proyek jalan lagi,” katanya.

Namun, kata Hendi, jika situasi tetap tidak memungkinkan, yakni rob tetap menggenang maka “planning” alternatif memindahkan transit bus ke Terminal Mangkang mungkin akan diambil.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang Muhammad Khadik membenarkan Terminal Terboyo tetap dikelola Pemkot Semarang yang rencananya akan dijadikan sebagai terminal barang.

Namun, kata dia, pembangunan Terminal Terboyo sebagai terminal barang baru dilakukan tahun depan sehingga tahun ini rencananya tetap difungsikan melayani arus mudik dan balik Lebaran.

“Kami akan manfaatkan Terminal Terboyo untuk melayani pemudik pada arus mudik Lebaran ini. Jadi, bus AKDP (antarkota dalam provinsi) dan AKAP (antarkota antarprovinsi) bisa masuk,” katanya.

Untuk genangan rob, kata dia, sudah dikomunikasikan dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana yang terus melakukan percepatan penanganan rob, yakni dengan tanggul-tanggul sungai.

“Saluran di depan terminal sudah proses peninggian menggunakan parapet. Kami terus berkeliling mencari celah di mana air laut masuk. Namun, bersama Dinas PU tetap kami siapkan pompa air,” pungkas Khadik. (El)