Home News Update Hendi-Ita Launching KUB Tangan Terampil

Hendi-Ita Launching KUB Tangan Terampil

* Peduli UKM dan Kembangkan Produk Kreatif

Semarang, 30/11 (BeritaJateng.net) – Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Semarang nomor urut 2, Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti Rahayu menunjukkan kepedulian terhadap UKM khususnya perempuan di Kota Semarang dengan melaunching Kelompok Usaha Bersama (KUB) Tangan Terampil di Tri Lomba Juang.

KUB tangan terampil Merupakan wadah bagi pelaku UKM khususnya perempuan dan ibu rumah tangga untuk mengembangkan keterampilan, keahlian dan potensi yang dimiliki untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Selama empat bulan melakukan kampanye, Hebat ‘Hendi-Ita bersama rakyat’ banyak melihat potensi kaum perempuan dan ibu rumah tangga yang belum terwadahi, sehingga kami bersinergi dengan rekan-rekan yang peduli UKM meresmikan KUB Tangan Terampil,” ujar Calon Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Sebagai satu-satunya perempuan yang mencalonkan diri dalam Pilwakot Semarang 2015, Ita–sapaan akrab Hevearita berupa mendorong pemberdayaan perempuan dan mengembangkan potensi masyarakat dengan pendampingan dan melakukan pemberdayaan masyarakat di bidang kerajinan tangan dan industri kecil menengah.

“KUB ini fokus menyasar pelaku UKM khususnya perempuan sebagai bentuk dorongan pemberdayaan perempuan di kota Semarang. Lebih dari itu, KUB ini juga mendorong pemanfaatan limbah atau sampah bekas untuk kemudian disulap menjadi berbagai macam produk bernilai jual tinggi,” ungkap perempuan yang memiliki ciri khas kemeja putih dan kerudung merah ini.

Sejalan dengan program Hebat, pemberdayaan ekonomi lokal dan produksi kreatif dengan menciptakan pelaku wirausaha yang mandiri dan mampu menciptakan produk unggulan yang dapat mengangkat ciri khas Indonesia.

Calon wakil wali kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu melihat lapak bazar yang di padati berbagai barang produksi kreatif ketrampilan warga sekota Semarang
Calon wakil wali kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu melihat lapak bazar yang di padati berbagai barang produksi kreatif ketrampilan warga sekota Semarang.

“Kami berharap KUB Tangan Terampil dapat menjadi cikal bakal sentra industri kreatif dan kerajinan tangan di kota Semarang,” imbuh Ita yang juga merupakan Dewan Penasehat KUB Tangan Terampil.

Sementara itu, Ketua KUB Tangan Terampil, B. Natalia Sari Pujiastuti atau yang akrab disapa Naneth menyatakan senang dapat bersinergi mendorong pengembangan infustri kreatif kecil dan menengah dengan meresmikan KUB Tangan Terampil.

“KUB Tangan Terampil sebenarnya telah ada sejak 2013 silam, namun hanya berjalan dilingkup kecil dan belum maksimal. Setelah bertemu dengan mbak Ita, kami mencoba bersinergi memberdayakan perempuan dengan memberi pelatihan baik ketrampilan maupun kewirausahaan, pendampingan, kemitraan, permodalan dan mengembangkan diri untuk mengangkat potensi lokal,” ujar Naneth.

Dengan pelatihan dan pendampingan, lanjut Naneth, nantinya kami berharap dapat meciptakan produk kerajinan dan produk kreatif berkualitas sehingga dapat mensejahterakan masyarakat dan mengangkat perekonomian di kota Semarang.

Selain melakukan launching KUB Tangan Terampil, Hendi-Ita juga menggelar senam jantung sehat, jalan sehat dan bazar produk kreatif dari masing-masing perwakilan seluruh kecamatan di kota Semarang.

“Tidak hanya janji, Hendi-Ita memberi bukti nyata dengan membentuk KUB Tangan Terampil ini,” tambah Naneth.  (Bj)