Home Hiburan Hendi Imbau Lurah Camat Gelar Lomba Dolanan Bocah Meriahkan HUT RI

Hendi Imbau Lurah Camat Gelar Lomba Dolanan Bocah Meriahkan HUT RI

1257
0
Anak-anak dengan riang bermain dolanan tradisional.
        Semarang, 2/8 (BeritaJateng.net) – Menjelang Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke 73, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi memerintahkan dan menghimbau kepada jajaranya, terutama Camat dan Lurah untuk memperingati dan memeriahkanya dengan menggelar berbagai macam perlombaan.
       “Sama seperti tahun yang lalu setiap 17 Agustus, kita merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT) RI. Diawal-awal kita sudah keluarkan himbauan kepada Camat dan Lurah untuk melaksanakan aktifitas itu dengan melibatkan masyarakat,” tegas Wali Kota yang akrab disapa Hendi  di Kantor Balai Kota Jalan Pemuda, Kota Semarang.
        Hendi menyarankan, lomba yang dipertandingkan dalam rangka HUT RI, memperlombakan beberapa permainan anak-anak (dolanan bocah). Pasalnya, supaya permainan anak-anak sepert balap karung, hompimpah, gobak sodor, engklek dan lain-lain supaya bisa dilestarikan.
        “Lomba-lomba ini, paling sederhana sajalah. Tapi penuh kekhasan. Khas Indonesia, misalnya dolanan anak (dolanan bocah) atau apapun yang ada dilingkungan kita,” imbaunya.
        Pasalnya, Hendi menyatakan selain bisa melestarikan budaya juga banyak hal yang kita dapatkan manfaat dan filosofinya terutama berguna bagi anak-anak saat melakukan permainan anak-anak khas Jawa dan Indonesia.
       “Banyak hal yang kita dapat, kita bisa nguri-nguri budaya khas anak Indonesia, khas Jawa,” ungkapnya.
        Selain bisa memeriahkan dan menyemarakan perayaan HUT RI ke-73, Hendi menyatakan jika perlombaan ini juga merupakan bentuk komitmen generasi muda saat ini untuk mempertahankan kebudayaan yang ditinggalkan oleh para pejuang yang rela berkorban untuk merebut kemerdekaan.
        “Yang kedua, kita bisa memeriahkan perayaan hari Republik Indonesia dan yang ketiga, kemeriahan ini menjadi pertanda komitmen kita kepada para pahlawan bangsa kita,” katanya.
        Hendi menambahkan, termasuk bentuk penghormatan tersebut dengan melakukan pembangunan dan menghormati prosesi peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 nanti.  “Bahwa mereka (para pejuang dan pahlawan) sudah berdarah-darah, mereka berjuang merebut kemerdekaan, hari ini kita isi dengan pembangunan dan menghormati dengan prosesi HUT tersebut,” pungkas Hendi.(El)