Home Headline Heli Bell Latih Jatuh Saat Latihan   

Heli Bell Latih Jatuh Saat Latihan   

Heli Jatuh

Semarang, 21/4 (Beritajateng.net) –
Heli bell 205 terjatuh saat latihan di pangkalan bandara Ahmad Yani Semarang, Selasa (21/4). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun heli bell mengalami kerusakan.

Komandan Lanumad Kolonel CPN Harison Sitorus membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, kejadian tersebut ketika helikopter nahas ini tengah menjalani latihan penerbang oleh sejumlah siswa.

“Jadi tidak ada masalah insiden ini cuma latihan rutin siswa penerbang,” katanya saat dikonfirmasi.

Lebih lanjut Harison menjelaskan pada latihan rutin tersebut siswa melakukan terbang dalam posisi mesin mati. Pada saat dalam keadaan tenang akhirnya pesawat mendarat pada pinggir landasan berumput. Namun tetap dilandasan kurang lebih sekitar 5 meter. 

“Semua aman, termasuk penerbang, dan pesawat,”jelasnya.

Harison menambahkan pasca kejadian jatuhnya heli tersebut dilandasan bandara sempat mengganggu aktivitas penerbangan. Namun petugas bandara langsung berusaha mengecek kondisinya. 

“Petugas langsung evakuasi dilokasi dengan cara pesawat ditarik dengan roda. Lalu memeriksa, tidak ada masalah karena posisi dipinggir landasan,”imbuhnya.

Kepala Bandara Ahmad Yani Semarang, Amon Fitragono, mengatakan saat ini beberapa badan helli yang rusak sudah diamankan.

“Secara umum kondisi pesawat tidak mengalami kerusakan parah dan masih bisa direparasi,” ujarnya.

Terkait mengganggu aktifitas penerbangan pasca kejadian heli bell jatuh sudah diatasi oleh pihak petugas yang mengevakuasi.

“Kejadian tidak mengganggu hanya saja ditutup sementara, dan dibuka kembali pukul 09.35,”tuturnya.

Amon menampik dengan adanya penerbangan dua pesawat yang akan landing dialihkan ke Bandara lain. Namun untuk penerbangan sendiri  dialihkan biasa.

“Jadi ada dua Sriwijaya Air dan Kall Star sempat tertahan 20 menit untuk Landing. Namun akhirnya bisa diatasi,” tandasnya. (BJ04)

Advertisements