Home Lintas Jateng Haul PBXII Kraton Solo Digelar Sederhana

Haul PBXII Kraton Solo Digelar Sederhana

517

 kraton Solo

Solo, 12/2 (BeritaJateng.net) – Peringatan Haul  Paku Buwono (PB) XII di Sasana Handrawina yang ke 11 digelar pihak Kraton Solo dengan sederhana.  Diawali dengan pembacaan doa tahlil oleh  kerabat, sentana dan abdi dalem kerabat Kraton Solo yang dipimpin oleh ulama keraton.

Aroma dupa dan sesaji diletakkan di depan foto PB XII berukuran besar. 
Tradiasi haul yang digelar secara sedarhana  juga menyediakan makanan yang masing memiliki makna tersendiri yakni kolak, apem dan ketan dan selalu ada dalam setiap acara haul. 

Hadir dalam acara haul (peringatan kematian) (PB) XII yang bertempat di Sasana Hanrawina di penuhi oleh putra-putri PB XII seperti, GRA, Koes Moertiyah, KGPH Puger, juga kerabat kraton lainnya dan nampak khidmat  mengikuti prosesi pembacakan doa bagi  PB XII. 

Menurut salah satu putra dari PB XII, menjelaskan acara haul bagi raja rutin digelar sejak jaman leluhurnya. Bahkan itu juga berlaku bagi raja-raja Surakarta sebelumnya.

Peringatan haul sudah ada sejak dulu, tradisi yang ada terus dilakukan sampai sakarang biar terus diingat dan tidak di lupakan. 

“Ini acara rutin keraton, sudah sejarah turun temurun. Namun kali ini khusus untuk PB XII, untuk mengirimkan doa  untuk beliau supaya bisa tenang,” jelas gusti  Puger.

Acara sebelumnya didalam Kraton Solo juga dilakukan khataman Quran yang dilakukan oleh kerabat kraton, ulama, dan abdi dalem kraton Solo.
(BJ24)