Home Lintas Jateng Haul Habib Ali Sedot Ribuah Jemaah dari Dalam dan Luar Negeri

Haul Habib Ali Sedot Ribuah Jemaah dari Dalam dan Luar Negeri

Ribuan jamaah menghadiri Haul Habib Ali di Solo
Ribuan jamaah menghadiri Haul Habib Ali di Solo
Ribuan jamaah menghadiri Haul Habib Ali di Solo

Solo, 11/2 (BeritaJateng.net) – Memperingati Haul (peringatan kematian) Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi di kompleks area Masjid Ar Riyadh, Pasar Kliwon Solo Jawa Tengah di padati ribuan jamaah yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Kebanyakan mereka menggunakan pakaian berwarna putih, dan menggunakan sarung bagi jamaah pria, dan baju gamis untuk jamaah wanita.

Haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi adalah salah satu agenda rutin tahunan di kota Solo, khususnya Masjid Riyadh di Pasar Kliwon yang mampu menarik ribuan masyarakat dari berbagai wilayah di Indonesia bahkan dari negara Timur Tengah juga ada yang datang. Yang digelar tiap tanggal 20 Rabiul Tsani berdasarkan kalender Islam.

Ribuan umat Islam masih menyemut di Masjid Riyadh dan sekitarnya, mereka mengikuti acara demi acara dengan khidmad dan tenang.

Kehadiran Ribuan jemaah yang memadati sekitar Masjid Riyadh Rabu (11/2/2015). Tujannya hanya satu ingin mengikuti acara Haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi yang menulis risalah yang berisi kisah Maulid Nabi Besar Muhammad SAW “Simthud Duror Fi Akhbar Maulid Khairil Basyar wa Ma Lahu min Akhlaq wa Aushaf wa Siyar (Untaian Mutiara Kisah Kelahiran Manusia Utama, Akhlak, Sifat dan Riwayat Hidupnya).

Selain itu kedatangan mereka juga untuk berziarah ke makam Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi di Masjid Riyadh Pasar Kliwon, Solo untuk mendoakan almarhum yang menjadi panutan karena mengajarkan banyak kebaikan.

Rima, salah satu jamaah asal Madura mengaku dirinya datang berombongan dengan menggunakan bus. Dan setiap tahunnya tidak pernah absen mengikuti acara haul. Tujuannya ingin mendengarkan riwayat perjalanan dakwah Habib Ali dan mendoakan arwah beliau.

“Ini sudah kali ke lima saya ikut rombongan ke sini. Beliau ulama besar,” jelasnya di lokasi Masjid Riyadh di Solo Jawa Tengah, Rabu (11/2/2015).

Rima dan rombongan dan juga jamaah yang hadir dalam haul tersebut karena ingin mendapatkan berkah dari acara haul Habib Ali
Terlihat ribuan jamaah berkumpul di sekitar masjid Riyadh. Dan bagi yamg datang awal beruntung bisa masuk ke dalam areal Masjid. Dan bagi yang datang belakangan harus rela berpanas-panas dan hanya duduk beralaskan sehelai koran.

Bahkan Razak, asal Banyuwangi sudah berada di Solo sejak dua hari yang lalu. Razak bersama kawannya berjumlah lima orang menyewa sebuah kamar di rumah warga sekitar yang sengaja di sewakan saat acara haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi.

“Tidak masalah harus kepanasan atau bahkan kehujanan. Wong niatnya ibadah dan silaturahmi. Sambil mendengarkan tauziyah dari berbagai ulama,” ungkapnya.

Uniknya Haul Habib Ali, sebagian besar jemaah mengaku tidak diundang. Mereka hadir secara sukarela untuk ikut membacakan tahlil atau mendengar pembacaan riwayat hidup dan perjalanan Habib Ali dan juga mendoakan. Bahkan di akhir acara nantinya akan ada makan bersama dengan ribuan jemaah. Dengan menu khas nasi kebuli. Masakan itu merupakan suguhan dari keluarga besar Masjid Riyadh bagi seluruh jamaah yang hadir.

“Biasanya nanti di puncak acara akan ada pembacaan maulud nabi, dan ditutup makan bersama nasi kebuli,” pungkasnya. (BJ24)