Home Hukum dan Kriminal Hati-hati Parkir di Jalan Pandanaran, Puluhan Ban Kendaraan Di Gembosi Karena Langgar...

Hati-hati Parkir di Jalan Pandanaran, Puluhan Ban Kendaraan Di Gembosi Karena Langgar Aturan

P_20150820_125657

Semarang, 20/8 (BeritaJateng.net) – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Semarang menggembosi ban sejumlah kendaraan yang parkir di titik-titik yang menjadi tempat larangan parkir.

Penggembosan kendaraan itu dilakukan pada operasi penertiban parkir yang dilakukan jajaran Dishubkominfo Kota Semarang, Selasa, salah satunya di sepanjang Jalan Pandanaran Semarang.

Para petugas sebelumnya mengingatkan para pemilik kendaraan yang parkir sembarangan, termasuk di jalur pedestrian depan gerai minimarket di Jalan Pandanaran untuk memindahkan kendaraannya.

Namun, tidak semua pemilik kendaraan segera memindahkan sepeda motor dan mobilnya dari jalur pedestrian, melainkan justru bersantai sehingga petugas langsung melakukan penggembosan ban.

Begitu tahu petugas melakukan penggembosan ban, banyak pemilik kendaraan yang kemudian bergegas memindahkan sepeda motor dan mobilnya dari jalur pedestrian, namun mereka tetap dikenai tilang.

P_20150820_130542

Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Perparkiran Dishubkominfo Kota Semarang Danang Kurniawan mengatakan operasi penertiban parkir skala besar itu rutin dilakukan lima kali setiap bulan.

“Tujuannya untuk menekan angka pelanggaran parkir dan menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap tempat-tempat yang diperbolehkan untuk parkir dan tempat yang menjadi larangan parkir,” katanya.

Untuk penggembosan ban kendaraan yang parkir sembarangan, Danang mengatakan para petugas sebelumnya sudah mengingatkan para pemilik kendaraan untuk memindahkan, namun tidak mendapatkan tanggapan.

“Ya, akhirnya kami gembosi saja. Kami pancing mereka keluar, ambil surat kendaraannya untuk diserahkan polisi dan ditilang. Bagi yang tidak mau keluar, gembosi saja biar jera,” tegasnya.

Bukan hanya di gembosi, warga yang melanggar peraturan pedestrian tersebut juga dikenai tilang. “Kalau tilang kendaraan ditangani Satlantas. Kami ingatkan tempat-tempat larangan parkir, antara lain jalur pedestrian, tempat yang dipasang rambu larangan parkir, dan jembaran penyeberangan,” pungkasnya. (Bj05)