Home Hukum dan Kriminal Hati Hati Banyak Biro Perjalanan Umroh Abal Abal

Hati Hati Banyak Biro Perjalanan Umroh Abal Abal

ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

Semarang, 24/2 (BeritaJateng.net) – Tingginya minat masyarakat untuk menjalankan ibadah umroh sering dimanfaatkan oleh penyelenggara perjalanan haji dan umroh untuk mengeruk keuntungan pribadi. Mereka berani memasang tarif murah, namun pada saat menjelang keberangkatan, pengelolanya menghilang dan umroh pun gagal.

Anggota Fraksi PKB DPRD Jawa Tengah KH Samsul Maarif mengungkapkan, dirinya sering mendapat laporan dari masyarakat yang sudah tertipu oleh penyelenggara perjalanan haji dan umroh yang tidak bertanggungjawab dengan modus beaya murah.

“Masyarakat harus hati hati kalau mau berangkat umroh. Jangan mudah percaya dengan iming iming beaya murah,” ungkapnya di Gedung Berlian Jalan Pahlawan Semarang.

Samsul Maarif mengatakan, biro perjalanan haji dan umroh abal-abal itu berani memasang tarif sangat murah, tidak lebih dari Rp 10 juta. Bahkan, ada yang hanya 8 juta. Padahal, normalnya biaya ibadah umroh saat ini sudah di atas Rp 20 juta. Bahkan ada yang diatas Rp 30 juta.

“Mereka dalam mencari calon jamaah umroh mengatakan, bahwa uangnya itu nanti akan diputar lebih dahulu oleh perusahaan biro perjalanaan agar bisa berkembang. Lantas, keuntungan dari usaha bisnisnya itu nanti akan digunakan untuk menambah biaya kekurangannya. Anda jangan percaya dengan seperti itu. Mending cari biro perjalanan haji dan umroh yang benar-benar terpercaya, yang memasang tarif normal,” pungkasnya. (BJ13)