Home Headline Hasil Rapid Test Petugas Coklit, 136 Orang Dinyatakan Reaktif

Hasil Rapid Test Petugas Coklit, 136 Orang Dinyatakan Reaktif

320

BLORA, 10/7 (BeritaJateng.net) – Sebanyak 136 penyelenggara pemilu dinyatakan reaktif berdasar hasil rapid rest yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Blora.

Plt Kepala Dinas Kesehatan, Lilik Hernanto mengungkapkan, saat ini proses pendataan terhadap hasil rapid test terhadap penyelenggara pemilu masih berlangsung.

” Dari Jumlah yg di rapid tes sebanyak 3926 ,hasil yg reaktif sebanyak 136, dengan lokasi 29 faskes yang terdiri dari 26 puskesmas, 2 RSU dan 1 labkesda,” ucap Lilik Hernanto Jumat (10/7/2020)

Sebelumnya, sebanyak 3928 penyelenggara pemilu yang terdiri dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) 885, Sekretariat PPS 885 dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) 2198, menjalani rapid test serentak selama tiga hari kemarin.

Ketua KPU Blora, M Khamdun mengaku ,masih menunggu rekap data dari dinas kesehatan. Namun, pihaknya mengaku akan langsung mengganti petugas PPDP yang dinyatakan reaktif Covid-19 dari rapid test yang digelar kemarin.

“Kalau reaktif kita harus ada penyikapan. Kalau itu PPDP akan diganti. Kalau PPS tidak perlu diganti. Cukup isolasi dulu saja. Sebenarnya kita bisa saja tidak langsung mengganti yang reaktid iti dengan catatan, hasil swabnya bisa keluar cepat. Kita kan pembentukan PPDP sampai tanggal 14 besok. Kalau itu swabnya bisa keluar Minggu atau maksimal seninlah maka kita bisa menggantinya saat itu,” ucap Khamdun.

Lebih lanjut, Khamdun menjelaskan, dari perencanaan KPU, pihaknya mematok sekitar 10% petugas PPDP yang reaktif.

“Yang jelas begini ya, kalau perencanaan anggaran kita. Kita mematok 10 persen reaktif. Tapi sampai saat ini kita belum tahu juga jumlahnya berapa, masih nunggu data DKK. Jadi saya gak mau berandai-andai takutnya nanti malah salah. Kita tunggu data dulu saja,” jelas Khamdun. (Her/El)