Home Headline Hari Ibu, Jurnalis Perempuan Basuh Kaki Ibu-ibu Lansia di Panti Jompo

Hari Ibu, Jurnalis Perempuan Basuh Kaki Ibu-ibu Lansia di Panti Jompo

198
0
Jurnalis perempuan mmbasuh kaki ibu-ibu lansia di panti werdha Pucang Gading Semarang. Suasana haru terasa, anggota jurnalis perempuan dan para lansia menitihkan air matanya.

Semarang, 21/12 (BeritaJateng.net) – Suasana haru terasa saat prosesi basuh kaki dan berbagi kasih yang dilakukan Jaringan Jurnalis Perempuan (JJP) Jawa Tengah di Unit Pelayanan Sosial Lanjut Usia Pucang Gading Semarang, Rabu (21/12). Puluhan orang tua lanjut usia tampak menitihkan air mata dan meluapkan kebahagiaan ditengah hangatnya prosesi basuh kaki.

Kegiatan berbagi kasih ini selain memperingati Hari Ibu juga ingin bersilaturahmi dan menghibur para lansia agar selalu senang tidak kesepian serta berharap selalu sehat.

Wara Merdekawati Ketua Panitia acara mengatakan dengan acara ini bisa memotivasi teman-teman lainnya untuk lebih cinta kepada ibunya masing-masing.

“Sebagian besar lansia disini tidak memiliki keluarga dan dengan momen Hari Ibu ini ingin berbagi kasih karena mereka sudah kami dianggap sebagai ibu sendiri serta mengingat ibu yang ada di rumah,” katanya yang juga jurnalis Cakra Semarang TV.

Menyuapi bubur, para jurnalis menyuapi lansia di panti werdha Pucang Gading Semarang saat peringatan hari ibu.
Menyuapi bubur, para jurnalis menyuapi lansia di panti werdha Pucang Gading Semarang saat peringatan hari ibu.

Wara mengungkapkan, bahwa ini merupakan rangkaian program sosial tahunan yang dilakukan jurnalis-jurnalis perempuan Jawa Tengah atau yang biasa disebut Jupe. Ia juga menceritakan keinginan menghibur ibu-ibu di panti jompo terinspirasi karena seluruh anggota Jupe merupakan perempuan.

“Kami semua perempuan, kami tahu bagaimana bahagianya merayakan hari ibu. Kami mau berbagi sukacita,” imbuhnya.

Tak hanya membasuh kaki dan menyuapi, jurnalis perempuan juga berbagi kasih dan menghibur para lansia yang jauh dari anak cucu mereka dengan menyanyikan lagu-lagu kasih bunda. Bahkan ketika dilantunkan musik banyak dari lansia yang maju kedepan untuk berjoget bersama.

Penyerahan bantuan pada Kepala Unit Pelayanan Sosial Panti Werdha Pucang Gading Semarang Sunarni oleh jaringan jurnalis perempuan (JJP) Jawa Tengah
Penyerahan bantuan pada Kepala Unit Pelayanan Sosial Panti Werdha Pucang Gading Semarang Sunarni oleh jaringan jurnalis perempuan (JJP) Jawa Tengah

“Kami mencoba menciptakan momen manis untuk para orang tua lanjut usia di panti jompo, selama ini mereka jauh dari keluarganya, maka di hari Ibu ini kami hadir sebagai anak dan keluarga yang siap menghibur dan membasuh kaki mereka,” katanya.

Sunarni Kepala Balai Rehabilitasi Sosial Eks Penyalahgunaan Napza Mandiri Semarang, Unit Pelayanan Sosial Lanjut Usia Pucang Gading Semarang menyambut gembira acara yang diselenggarakan Jaringan Jurnalis Perempuan (JJP) Jawa Tengah.

Acara ini menurutnya pertama kali dilakukan sehingga sangat menghibur para lansia. “Kebanyakan disini tidak punya keluarga dan dari jalanan; sedangkan yang mempunyai keluarga sangat sedikit dan Alhamdulillah mbah-mbah ini tidak kesepian karena banyak yang datang,” ujarnya.

 

Sunarni berharap agar kegiatan-kegiatan seperti ini jangan dilakukan hanya sekali saja setiap ada perayaan hari-hari istimewa, tetapi bisa dilakukan setiap saat yang bertujuan untuk menghibur lansia agar selalu ceria. Unit Pelayanan Sosial Lanjut Usia Pucang Gading Semarang saat ini merawat 100 lansia, dengan rincian 62 perempuan dan 38 laki-laki. (EL)