Home Ekbis Harga Sembako di DIY Stabil Jelang Natal

Harga Sembako di DIY Stabil Jelang Natal

Yogyakarta, 23/12 (Beritajateng.net) – Harga kebutuhan bahan pokok di sejumlah pasar tradisional di Daerah Istimewa Yogyakarta stabil menjelang Natal 2014 dan Tahun Baru 2015.

“Hal itu berdasarkan pantauan Tim Pengendali Inflasi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Pasar Beringharjo, Wates, Bantul, Prambanan, dan Wonosari,” kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda DIY Didik Purwadi di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, kenaikan atau penurunan harga masih dalam batas yang wajar. Dari 30 komoditas yang dipantau hanya ada empat komoditas yang kenaikannya lebih dari 5 persen yakni kacang tanah, daging ayam potong, bawang merah, dan cabai merah besar.

“Harga komoditas lain cenderung turun seperti gula pasir, terigu, daging ayam kampung, daging sapi kualitas dua, dan ikan air tawar,” katanya.

Ia mengatakan hasil pantauan TPI DIY juga menunjukkan bahan pokok cukup tersedia di pasaran.

“Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir dan takut kebutuhan bahan pokok akan langka pada Natal dan Tahun Baru. Masyarakat diharapkan berbelanja secukupnya sesuai kebutuhan dan tidak perlu belanja berlebihan,” katanya.

Menurut dia, harga beras IR-2 masih berkisar Rp8.100 hingga Rp10 ribu/kg, telur ayam Rp20 ribu/kg, terigu turun dari Rp8.000 menjadi Rp7.200/kg, minyak goreng barko Rp14 ribu/kg, daging sapi berkisar Rp100 ribu hingga Rp115 ribu/kg.

“Daging ayam potong naik dari Rp22 ribu menjadi Rp27ribu/kg, bawang merah Rp16 ribu menjadi Rp20 ribu/kg, bawang putih dari Rp12 ribu menjadi Rp14 ribu/kg, cabai dari Rp60 ribu menjadi Rp90 ribu/kg,” katanya.(ant/ss)

Advertisements