Home Ekbis Harga Minyak Turun Paling Rendah Dalam

Harga Minyak Turun Paling Rendah Dalam

image
Ilustrasi

Jakarta,7/1 (Beritajateng.net) – Harga minyak kembali turun di perdagangan Asia, pada Rabu, (7/1) ke tingkat terendah dalam lima setengah tahun, di tengah kekhawatiran tentang gejolak global baru atas krisis politik di Yunani, kata para analis.
Minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Februari, turun 28 sen menjadi 47,65 dolar AS, sementara minyak mentah Brent untuk pengiriman Februari, turun 31 sen menjadi 50,79 dolar AS di perdagangan sore.
“Rumor keluarnya Yunani dari zona euro, dengan yang lain cenderung mengikutinya, kemungkinan lebih memperlemah permintaan minyak,” kata Direktur Editorial Penyedia Informasi Energi Platts, Shailaja Nair.
Nair menambahkan harga minyak dunia diperkirakan akan tetap rendah karena berlimpahnya pasokan global serta tidak adanya tanda-tanda petunjuk terjadinya pengurangan dalam menghadapi permintaan yang melemah.
“Arab Saudi tidak menunjukkan indikasi sebagai pihak yang akan memangkas produksi, sementara permintaan minyak dari Tiongkok, India dan zona euro tetap rendah,” katanya.
Harga minyak mentah telah kehilangan lebih dari setengah nilainya sejak Juni 2014 karena pasokan global yang melimpah dan perlambatan pertumbuhan di negara ekonomi utama dunia, telah mengurangi permintaan atas komoditas tersebut.(ant/Bj02)