Home Ekbis Harga Cabai Di Semarang Melambung

Harga Cabai Di Semarang Melambung

Harga cabai tembus Rp 80 ribu
Harga cabai tembus Rp 80 ribu (dok/ant)
(dok/ant)

Semarang, 18/11 (BeritaJateng.Net) – Harga cabai merah besar di pasar tradisional Kota Semarang saat ini mencapai Rp60 per kilogram dari sebelumnya Rp35 per kg seiring kenaikan harga bahan bakar minyak subsidi.

“Sebelum menjadi Rp35 ribu/kg harga cabai hanya Rp17 ribu/kg, kenaikan harga yang pertama ini merupakan dampak dari musim kemarau panjang,” ujar salah satu pedagang cabai di Pasar Karangayu Ratmi di Semarang, Selasa (18/11).

Menurutnya, cabai jenis lain juga mengalami kenaikan harga cukup signifikan di antaranya cabai hijau dari harga Rp7 ribu/kg menjadi Rp23 ribu/kg, sedangkan untuk cabai rawit dari Rp40 ribu/kg menjadi Rp56 ribu/kg.

Sedangkan untuk komoditas lain yaitu bawang merah, jika sebelumnya di harga Rp14 ribu/kg saat ini menjadi Rp16 ribu/kg. Untuk bawang putih dari Rp13 ribu/kg menjadi Rp16 ribu/kg.

Ratmi mengakui, kenaikan harga tersebut sudah terjadi sejak beberapa waktu lalu tetapi terjadi secara bertahap. Dampak negatifnya adalah terjadi penurunan pembelian di kalangan konsumen.

“Pembelian mereka juga jadi berkurang, masyarakat tidak ingin menghabiskan uang hanya untuk beli cabai,” jelasnya.

Salah satu penjual bumbu di Pasar Mrican Kastimah mengatakan sudah beberapa hari ini dia mengurangi pembeliannya di Pasar Johar. Jika dalam satu hari dirinya membeli hingga 20 kg, sejak beberapa hari yang lalu hanya membeli sekitar 5-6 kg.

“Bahkan kalau harga cabai sangat murah saya bisa beli sampai 50 kg dalam satu hari. Sekarang saya beli sedikit karena pembeli cabai di Pasar Mrican juga berkurang,” ujarnya.

Menurutnya, kenaikan harga tersebut bukan semata-mata karena kenaikan harga BBM tetapi memang saat ini bukan merupakan musim panen cabai.

“Biasanya kalau bukan musim harga akan meningkat banyak tetapi kalau pas musimnya beli Rp1.000 saja sudah dapat banyak,” tuturnya. (ant/pri)

Advertisements