Home Ekbis Harga Beras di Jember Terus Menanjak

Harga Beras di Jember Terus Menanjak

Jember, 26/12 (Beritajateng.net) – Harga beras di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Jember, Jawa Timur, terus merangkak naik dengan kisaran Rp500 hingga Rp1.000 per kilogram menjelang Tahun Baru 2015.

“Harga beras terus merangkak naik selama beberapa hari terakhir, bahkan setiap hari naik sekitar Rp100 per kilogram,” kata pedagang kebutuhan pokok di Pasar Tanjung, Fauzan, Jumat.

Menurut dia, kenaikan harga beras meliputi beras super, beras kualitas medium, dan beras kualitas rendah, namun kenaikan yang cukup signifikan terjadi beras kualitas medium.

“Beras kualitas super naik dari Rp10.000 menjadi Rp10.500 per kilogram, beras medium naik dari Rp9.000 menjadi Rp10.000 per kilogram, dan beras kualitas rendah dari Rp8.500 menjadi Rp9.000 per kilogram,” paparnya.

Ia menjelaskan bahwa kenaikan harga beras tersebut karena stok hasil panen petani sudah berkurang dan memasuki musim tanam, sedangkan permintaan akan beras terus meningkat.

“Kemungkinan harga beras terus merangkak naik hingga Tahun Baru 2015,” katanya.

Hal senada juga disampaikan pedagang kebutuhan pokok di Pasar Mangli, Solehudin, yang mengatakan banyak pembeli mengeluhkan harga beras yang terus merangkak naik.

“Meskipun harga beras naik, mereka tetap membeli sesuai dengan kebutuhan karena beras menjadi konsumsi utama warga Jember,” ujarnya.

Sementara Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan ESDM Jember, Agus Nur Abadi, mengatakan bahwa harga beras terus merangkak naik berkisar 5-10 persen.

“Kenaikan harga beras sudah terjadi sejak kenaikan harga BBM, namun harganya terus merangkak naik karena Hari Natal dan Tahun Baru. Siklus itu selalu terjadi setiap tahunnya,” tuturnya. (ant/BJ)