Home Ekbis Harga Bawang Merah dan Bawang Putih Pacu Inflasi Jateng Hingga 0,51 Persen

Harga Bawang Merah dan Bawang Putih Pacu Inflasi Jateng Hingga 0,51 Persen

bawang merah

Semarang, 1/6 (BeritaJateng.net) – Komoditas yang memberikan sumbangan terbesar terjadi inflasi di Jawa Tengah adalah kenaikan harga bawang merah, bawang putih dan juga harga beras. Sehingga pada bulan Mei kemarin terjadi inflasi sebesar 0,51 persen.

Selain harga bawang merah, bawang putih dan harga beras, kelompok bahan makanan dan makanan jadi serta minuman juga turut memberi sumbangan.

Kepala Bidang Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng Jam Jam Zamachsyari mengatakan, di enam kota yang dilakukan survei biaya hidup, inflasi tertinggi terjadi di Kota Tegal sebesar 0,74 persen dan diikuti Kota Semarang 0,47 persen. Sementara inflasi terendah terjadi di Kota Surakarta sebesr 0,37 persen.

“Meski di Jawa Tengah terjadi inflasi, ada beberapa komoditas yang meredam laju kenaikan harga. Yakni semen, minyak goreng dan besi beton mengalami penurunan harga,” ungkapnya.

Sedangkan jika dilihat laju inflasi year on year, lanjut Jam Jam, Mei 2015 sebesar 6,28 persen lebih rendah dibanding Mei 2014, yang mengalami inflasi sebesaar 7,47 persen. (Bj23)