Home News Update Hadirkan Badut, Polres Purbalingga Gelar “Penling”

Hadirkan Badut, Polres Purbalingga Gelar “Penling”

Purbalingga, 29/7 (BeritaJateng.net) – Untuk menanamkan disilin berlalu-lintas kepada pengguna jalan, Unit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Kepolisian Resor (Polres) Purbalingga melakukan kegiatan penerangan keliling ( Penling ).

Penling yang dipimpin Wakapolres Komisaris Polisi R. Sihombing, SH MH beserta Kaur Bin Ops Sat Lantas Iptu Mahudi dilaksanakan di Jalan Jendral Soedirman dekat Simpang Empat Mandiri Purbalingga, saat pagi hari, ketika arus lalu-lintas padat.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan himbauan oleh anggota Sat Lantas menggunakkan speaker kepada pengguna jalan yang lewat. Himbauan tersebut antara lain agar selalu memakai helm saat mengendarai sepeda motor, patuhi rambu lalu lintas serta gunakan sabuk keselamatan saat mengemudikan mobil.

Selain memberikan himbauan tertib berlalu lintas, dalam kegiatan tersebut ditampilkan juga Badut dengan rompi polisi.

“Penling ini sebagai kegiatan rutin Sat Lantas Polres Purbalingga untuk terus mensosialisasikan kesadaran berlalu-lintas kepada setiap pengguna jalan. Kami tak pernah jemu melakukan Penling ini.Untuk pelaksanaan kita sesuaikan baik waktu dan lokasinya. Himbauan yang diberikan juga bervariasi sesuai dengan lokasi pelaksanaan Penling,” ujar Iptu Mahudi.

Mahudi juga mengatakan, Penling digelar pagi hari di saat arus lalu-lintas padat, dengan maksud agar diketahui oleh banyak pengguna jalan.

“Khusus untuk anak kecil yang membonceng sepeda motor memakai kelengkapan helm kita berikan permen sebagai hadiah. Hadiah diberikan oleh badut yang memang kami bawa sebagai daya tarik,” ujarnya.

Dengan pemberian permen kepada anak anak, lanjut Mahudi, diharapkan akan tertanam sejak dini himbauan tertib lalu lintas sehingga sampai dengan dewasa akan selalu teringat untuk mematuhi peraturan lalu lintas dalam berkendara. (BJ33)