Home News Update Hadapi Pilwalkot Soemarmo Deklarasikan Paguyuban Warga Semarang

Hadapi Pilwalkot Soemarmo Deklarasikan Paguyuban Warga Semarang

455
Soemarmo deklarasikan Paguyuban Warga Semarang, Minggu (26/4).
Soemarmo menerbangkan balon sebagai tanda di deklarasikannya Paguyuban Warga kota Semarang (PWS)

Semarang, 26/4 (BeritaJateng.net) – Mantan Wali Kota Semarang Soemarmo Hadi Saputro mendeklarasikan Paguyuban Warga Semarang (PWS) menghadapi Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang 2015.

“Saya rasa sekarang ini momentum yang paling tepat untuk mendeklarasikan PWS,” kata Soemarmo, di sela deklarasi Paguyuban Warga Semarang di Lapangan Sumurboto, Banyumanik, Semarang, Minggu.

Menurut dia, PWS akan menjadi wadah bagi seluruh masyarakat Kota Semarang tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras, antargolongan (SARA) untuk menyampaikan aspirasi kepada pemerintah.

Ia mengatakan kepengurusan PWS saat ini sudah terbentuk di 16 kecamatan di Kota Semarang, belum termasuk kepengurusan di tingkat-tingkat kelurahan yang diharapkan akan semakin berkembang.

“Ini (PWS, red.) adalah wadah masyarakat Kota Semarang untuk saling berkomunikasi, kalau ada permasalahan, misalnya. Atau mau mengadakan kegiatan-kegiatan sosial keagamaan,” katanya.

Namun, Soemarmo menegaskan kegiatan-kegiatan keagamaan akan mencakup seluruh agama tanpa mementingkan salah satu agama, mengingat PWS merupakan wadah bagi seluruh warga Kota Semarang.

Soemarmo peduli penderita difable dengan beri kursi roda
Soemarmo peduli penderita difable dengan beri kursi roda

Deklarasi PWS itu adalah salah satu langkah Soemarmo untuk menghadapi Pilwakot Semarang 2015 karena pada saat yang bersamaan dirinya juga menyampaikan keinginannya untuk maju kembali.

“Insya Allah dan dengan mengucap Bismillahirohmanirohim karena harapan dan dorongan masyarakat, dan juga beberapa partai, kami akan mencalonkan kembali untuk wali kota yang akan datang,” katanya.

Soemarmo menyampaikan penegasannya untuk maju pada Pilwakot Semarang 2015 itu di hadapan ribuan masyarakat yang menghadiri deklarasi PWS yang disambut tepuk tangan dan teriakan “Amin…”.

Ditanya dengan “kendaraan” yang akan digunakannya untuk maju, ia mengatakan sementara ini masih dalam proses sebagaimana pernah ditegaskannya, yakni Gerindra dan Partai Amanat Nasional (PAN).

“Mudah-mudahan (parpol, red.) yang lain akan menyusul. Insya Allah, kemarin saya sudah kontak tiga partai, yakni Mas Yoyok Sukawi (Demokrat), Agung BM (PKS), dan Agung Priyambodo (Golkar),” katanya.

Dalam waktu dekat, Soemarmo juga merencanakan untuk melakukan safari politik bertemu dengan para pimpinan tiga parpol tersebut, yaitu Golkar, Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

“Ya, dengan tiga parpol itu tadi. Nanti, akan menyusul dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Nasional Demokrat (Nasdem),” kata Soemarmo.

Deklarasi PWS itu juga diisi dengan berbagai kegiatan, seperti senam bersama dan penyerahan santunan kepada anak-anak yatim piatu, janda miskin, dan para penyandang disabilitas.

Beberapa tokoh parpol hadir pada kesempatan itu, seperti Ketua DPD PAN Kota Semarang Wachid Nurmiyanto, Ketua Desk Pilkada Gerindra Jateng Sriyanto Saputro, dan Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Joko Santoso (Gerindra). (Bj05)